Galakkan Budaya Penelitian, UM Bengkulu Adakan Pelatihan

Galakkan Budaya Penelitian, UM Bengkulu Adakan Pelatihan

BENGKULU, Suara Muhammadiyah- Dalam rangka mewujudkan visi dan misinya, Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB)  melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) menggelar pelatihan penulisan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat pada Selasa-Rabu (28-29/3) di Kampus 4 UMB. Kegiatan ini dipandu oleh Prof Imam Robandi dengan diikuti oleh dosen UMB dengan hasil akhir proposal yang siap dikirim ke Kemenristekdikti.

Adapun visi dan misi LPPM UMB sebagaimana yang tercantum di dalam Rencana Induk Penelitian (RIP) dan Renstra LPPM 2016-2020 adalah menjadi LPPM yang dapat berperan dalam memecahkan masalah yang ada di masyarakat berdasarkan IPTEK unggulan program studi dalam rangka mewujudkan masyarakat mandiri, sejahtera dan islami. Misi LPPM UMB point 2 menyebutkan bahwa Misi LPPM UMB adalah mewadahi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa yang berorientasi kepada unggulan program studi.

Disampaikan oleh Tim LPPM UMB bahwa sebagai salah satu unit yang bertugas dan berperan sangat penting dalam mengemban terlaksananya 2 dharma dari 4 dharma perguruan tinggi Muhammadiyah yakni Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat, pihaknya menginisiasi terlaksananya kegiatan tersebut sejalan dengan keinginan Rektor UMB, Ahmad Dasan untuk menggairahkan iklim akademis di lingkungan UMB melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Imam Robandi memaparkan teknik dalam pembuatan proposal penelitian yang akan berkompetisi untuk mendapatkan hibah yang bereputasi tinggi untuk skala nasional bahkan internasional. Penekanan utama adalah pada judul proposal dan pustaka yang digunakan.

Selanjutnya, kegiatan diisi dengan presentasi draft proposal yang telah disiapkan dosen sebelumnya yang kemudia diberikan ulasan oleh Prof. Imam Robandi. Beberapa saran menjadi catatan penting bagi dosen untuk memperbaiki proposalnya. Kegiatan ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari peserta. Hal ini ditandai dengan semangat para dosen dalam mempresentasikan draft proposalnya (Hendra Apriyadi).

Exit mobile version