Mendikbud Resmikan Teaching Factory SMK Mutu Gondanglegi, Setiap Jurusan Pamer Produk Unggulan

Mendikbud Resmikan Teaching Factory SMK Mutu Gondanglegi, Setiap Jurusan Pamer Produk Unggulan

 

MALANG, Suara Muhammadiyah-Setelah melaunching Gedung Teaching Factory, Mendikbud RI Prof Dr Muhadjir Efendy disuguhi beragam produk unggulan setiap jurusan. Ada 10 jurusan yang sudah bersiap menampilkan produk yang nantinya akan diberikan kepada calon klien. ”Karena semua jurusan pasti punya layanan. Jadi bukan hanya jurusan tertentu saja,” kata Kepala SMK Mutu Gondanglegi H Pahri SAg MM.

Ada jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan) yang menjalin hubungan kerja sama dengan Daihatsu Motor akan menyuguhkan jasa servis ringan sampai servis berat. Kemudian kelistrikan yang akan menampilkan pemasangan solar cell sebagai alternative energy terbarukan. Lalu ada jurusan perbankan yang mendemontrasikan Bank Mutu sebagai pilihan warga sekolah dalam mengelola keuangan. Ada juga jurusan farmasi yang akan menwarkan ramuan-ramuan obat tradisional dan herbal. Seperti jamu jawa. ”Dan semua jurusan akan punya ciri khas masing-masing,” beber Pahri.

Kemudian jurusan perhotelan dengan produk unggulan persewaan dermaga apung. Ini menjadi satu-satunya di Malang Raya. Dengan dermaga apung ini masyarakat bisa mendapatkan spot-spot foto yang tidak terjangkau jalur darat dan tidak perlu menyewa perahu. Tarifnya juga cukup terjangkau. ”Sementara pantai-pantai di Malang Selatan perairan tenang dan beberapa bendungan yang kami buka layanan,” terangnya.

Jurusan TSM (Teknis Sepeda Motor) juga tidak mau kalah. Bekerja sama dengan pabrikan Yamahan, siswa di jurusan TSM akan menampilkan sepeda motor untuk orang cacat (berkebutuhan khusus). Di sana melayani modifikasi rangka untuk kendaraan orang cacat sampai servis ringan dan berat pada mesin. ”Kerja sama dengan Daihatsu dan Yamaha membuat kemampuan siswa kami nantinya dipantau oleh mereka. Jadi yang ikut menentukan kelulusan dalam ujian juga pihak perusahaan,” ujar pria yang berhasil membawa SMK Mutu meraih Penghargaan Energi Nasional untuk Kelompok Masyarakat dari Kementrian ESDM RI 2015 ini. Masing-masing jurusan antara lain TKR, TSM, Ototronik, Teknik Komputer Jaringan, Perbankan, Farmasi, Keperawatan, Administrasi Perkantoran, Perhotelan dan Kelistrikan (Sahrul Hidayah/Foto: Humas SMK Mutu)

Exit mobile version