Peringati Hari Kartini, TK Lab School UMC Tampilkan Wayang Bocah

Peringati Hari Kartini, TK Lab School UMC Tampilkan Wayang Bocah

CIREBON, Suara Muhammadiyah- Dalam rangka semarak Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April, TK Lab School Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) bekerjasama dengan Dairi FM menggelar peringatan Hari Kartini dengan mengusung tema “Dengan Semangat Kartini Kita Bangun Karakter Anak Bangsa” di Meeting Room Convention Hall UMC pada Rabu (19/4). Kegiatan bertajuk “Dairi Katini Kecilku 2017 Bersama TK Lab School UMC” ini diikuti oleh 65 anak dari perwakilan PAUD dan TK se-Wilayah III Cirebon.

Ketua Panitia, Bunda Susan mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai cara untuk membangun talenta anak-anak. Penampilan wayang bocah  juga disuguhkan dalam acara tersebut yang bertujuan untuk mengenalkan budaya bangsa.

“Ada penampilan wayang bocah dengan menampilkan wayang-wayang, dengan tujuan mengenalkan kembali bahwa ada wayang yang memiliki watak yang sopan, penuh tatakrama, sehingga anak-anak tidak hanya gandrung pada Super Hero modern seperti sekarang,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, istri Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dapat dijadikan sebagai kegiatan yang nyata dalam mengenalkan budaya bangsa kepada generasi baru serta memberikan pendidikan karakter dan budi pekerti dengan menjadikan tokoh wayang sebagai rujukan.

Menurutnya, generasi anak-anak dan generasi muda di era saat ini diketahui lebih banyak menggandrungi dan mengetahui tokoh budaya asing dan pahlawan-pahlawan dengan tekhnologi modern. Sehingga dengan adanya acara pagelaran wayang bocah ini dapat membangunkan kesadaran anak bangsa untuk menjadikan tokoh wayang sebagai tokoh yang digandrungi dan sebagai rujukan untuk pengembangan karakter.

“Acara ini sangat baik karena dapat membangun anak bangsa agar kembali mengenali wayang sebagai tokoh yang digandrungi dengan perilaku yang sopan dan penuh tata krama,” ujarnya.

Susan menambahkan, pihaknya berharap dengan adanya kegiatan ini anak-anak dapat mengembangkan karakter yang baik. “Harapannya, dengan diselenggarakanny peringatan Hari kartini ini anak-anak dapat mengembangkan karakter dan pengembangan yang baik,” tandasnya (Hasan/ Yusri).

 

Exit mobile version