FE UM Ponorogo Edukasi Mahasiswa tentang Bursa Efek Melalui Pendidikan Pasar Modal

FE UM Ponorogo Edukasi Mahasiswa tentang Bursa Efek Melalui Pendidikan Pasar Modal

PONOROGO, Suara Muhammadiyah- Pasar modal merupakan salah satu cara bagaimana seseorang bisa mendapatkan income secara terus menerus dengan memanfaatkan teknologi saat ini. Akan tetapi, masih banyak penduduk Indonesia yang belum memahami tentang ilmu dan manfaat Pasar Modal. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase penduduk Indonesia yang berjumlah 200 juta lebih hanya 0,19% yang terlibat dalam dunia Pasar Modal. Pemerintah sudah mencanangkan untuk memberikan edukasi kepada seluruh masayarakat Indonesia, baik itu sekolah, perguruan tinggi maupun kalangan sosial secara umum.

Tepatnya pada hari Selasa, tanggal 18 April 2017, Kepala Laboratorium Galeri Investasi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo telah bekerjasama dengan pihak Sekuritas untuk menjalankan Pendidikan Pasar Modal secara continue kepada Kalangan Akademisi (Seluruh Civitas Akademik), Siswa, dan Masyarakat.

Kegiatan tersebut dimaksudkan agar semua pihak bisa memahami arti pentingnya Pasar Modal dalam dunia bisnis saat ini dan di masa yang akan datang. Menurut Kepala Laboratorium GI FE Unmuh Ponorogo La Ode Sugianto, kegiatan ini sesuai dengan program Galeri Investasi FE Universitas Muhammadiyah Ponorogo dimana tujuan utamanya yaitu Menjadi Pusat Informasi dan Layanan Data tentang Pasar Modal; Menciptakan Kerjasama dengan Pihak Sekuritas; Sosialisasi dan Pendidikan baik di Internal maupun Eksternal Kampus;  Mengadakan Transaksi Efek (Ekuitas) kepada  Mahasiswa maupun Masyarakat Umum; dan Mengadakan Penelitian dan Pengembangan mengenai Isu-isu Kekinian tentang Pasar Modal.

La Ode Sugianto menjelaskan bahwa Pemateri dalam kegaiatan ini berasal dari PT MNC Sekuritas Cabang Semarang yang dihadiri oleh dua orang yaitu Bapak Dendy dan Bapak Cahyo serta mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo sebanyak 20 peserta. “Kegiatan ini berlangsung sangat antusias bagi mahasiwa karena bertempat di Laboratorium Galeri Investasi FE Unmuh Ponorogo serta materi yang diberikan oleh pihak MNC Sekuritas cukup menarik untuk dipahami dan diterapkan oleh peserta, seperti Materi Analisis Teknikal dan Analisis Fundamental,” terang Laode. Di samping itu, peserta yang mengikuti Penddidikan Pasar Modal akan terus dibimbing dan di Follow up oleh pihak Tim Galeri Investasi dan akan dibentuk Kelompok studi Pasar Modal (KSPM) di kalangan Mahasiswa.

Ke depan akan dilakukan Seminar Pasar Modal untuk semua kalangan, tepatnya tanggal 17 Mei 2017 sekaligus diadakan Launching Galeri FE Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang bertempat di Lantai 4 Rektorat Aula Seminar. “Juga akan menghadirkan Direktur BEI, Direktur MNC dan OJK selaku Pemateri pada kegiatan tersebut. Harapannya, semua kalangan bisa mengikuti seminar tersebut agar pemahaman masayarakat tentang dunia Pasar Modal bisa terilhami dengan baik,” tutup Laode (Wahna).

Exit mobile version