Aisyiyah Labuhanbatu Gelar Pelatihan Hidroponik

Aisyiyah Labuhanbatu Gelar Pelatihan Hidroponik

LABUHANBATU, Suara Muhammadiyah-Majelis Ekonomi PD Aisyiyah Labuhanbatu melaksanakan pelatihan Hidroponik atau budidaya tanaman tanpa tanah dengan menggunakan air sebagai media tanam pada hari Minggu, 23 April 2017 di Perumnas Urung Kompas Rantauprapat.

Pelatihan yang diikuti sebanyak 25 orang peserta merupakan utusan dari Pimpinan Ranting dan Pimpinan Cabang Aisyiyah se Labuhanbatu ini dibuka oleh Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Labuhanbatu Anita Ridarni SPd.

Dalam sambutannya Anita menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Majelis Ekonomi Pimpinan Daerah Aisyiyah yang sukses menyelenggarakan pelatihan ini. Anita juga berpesan kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti pelatihan dengan serius dan mengharapkan agar seluruh peserta dapat memahami serta dapat mempraktekkan penanaman sayur sistem hidroponik di rumah masing-masing.

Sementara itu ketua Majelis Ekonomi PD Aisyiyah Labuhanbatu Sri Muriani menyampaikan bahwa pelatihan ini mengusung thema;Meningkatkan Ekonomi dan Ketahanan Pangan Keluarga untuk Perempuan Berkemajuan". Sri Muriani menambahkan bahwa dengan pelatihan ini diharapkan dapat menambah wawasan serta keterampilan warga Aisyiyah Labuhanbatu di bidang pertanian hidroponik sehingga dapat memenuhi kebutuhan sayur mayur keluarga dan juga dapat menambah penghasilan.

Pelatihan hidroponik tersebut disampaikan oleh Azhar Hakimi, ST, praktisi hidroponik yang juga ketua Majelis Ekonomi PD Muhammadiyah Labuhanbatu didampingi oleh Sekretaris Majelis Ekonomi Aisyiyah Labuhanbatu yang juga menjadi tuan rumah pelatihan ini Nina Juliana SHI, SPdI.

Dalam pemaparannya Azhar Hakimi menyampaikan bahwa budidaya hidroponik dapat dikembangkan dengan memanfaatkan pekarangan yang sempit dan terbatas serta memanfaatkan bahan bekas yang banyak dijumpai disekitar rumah. Pada kesempatan tersebut Azhar dan Nina juga berkesempatan membagi pengalamannya dalam mengelola hidroponik serta mempersilahkan peserta memanen langsung sayur-mayur yang ada di kebun hidroponik miliknya (Azhar Hakimi).

Exit mobile version