IPM Batang Adakan Mapeta Di Objek Wisata Agro

IPM Batang Adakan Mapeta Di Objek Wisata Agro

BATANG, Suara Muhammadiyah-Masa pembekalan tahap akhir (Mapeta) bagi siswa-siswa kelas XII Madrasah Aliyah Muhammadiyah (MAM) dan SMK Muhammadiyah Batang diadakan oleh Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Batang selama dua hari (22-23/4) di objek Wisata Agro Selopajang Timur (WAST) Kecamatan Blado, Kabupaten Batang.

Alfina Rofiqoh, ketua PC IPM Batang mengatakan bahwa Mapeta tahun ini bertema “Perkaderan untuk Muhammadiyah Menuju Islam Berkemajuan” bertujuan membantu Majelis Kader PCM Batang dalam mempersiapkan dan memberdayakan kader-kader persyarikatan yang unggul dan berkualitas. Usaha ini harus dimulai dari bangku tempat siswa belajar.

Acara dibuka secara resmi oleh Sugito Hadisastro, wakil ketua PCM Batang. Dalam sambutannya Sugito Hadisastro menekankan pentingnya acara-acara ini sering diadakan untuk menjaring calon kader persyarikatan melalui sekolah dan atau madrasah Muhammadiyah di wilayah masing-masing. Peran sekolah (guru) dalam perkaderan juga sangat vital karena merekalah yang setiap saat bertemu dan berinteraksi dengan para siswa. Sehingga boleh dikatakan bahwa perkaderan di tingkat sekolah akan berhasil jika ditunjang oleh peran aktif sekolah/madrasah (kepala, guru-guru, dan komponen sekolah lainnya).

Adapun materi inti yang disampaikan dalam kegiatan ini meliputi; Keislaman dan kemuhammadiyahan, orientasi ke-IPM-an, perkaderan, kecendekiaan, dan materi lain yang menunjang. Beberapa tokoh dan guru dari PCM Batang ikut memberikan pencerahan seperti  Yanuar Ismail, Arjo Witono, Nurudin, dan sebagainya.

Mapeta ditutup Ahad siang setelah pengucapan ikrar suci sebagai kesediaan para peserta untuk menjadi bagian dari kader Muhammadiyah melalui IPM (Sugitohd).

Exit mobile version