Sosialisasikan Keselamatan Lalu Lintas, UMRI Jadi Mitra Ditlantas Polda Riau

Sosialisasikan Keselamatan Lalu Lintas, UMRI Jadi Mitra Ditlantas Polda Riau

RIAU, Suara Muhammadiyah- Dalam rangka menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya menjaga ketertiban dan keselamatan dalam berlalu lintas di jalan raya, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) ditunjuk oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Riau sebagai mitra dalam mensosialisasikan keselamatan lalu lintas, dengan menggelar seminar pada Rabu (26/4). Seminar bertajuk “Melalui Civitas Akademisi, Mahasiswa Sebagai Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas Menuju Indonesia Tertib Bersatu Keselamatan Nomor 1” ini diikuti oleh sekitar 400 mahasiswa yang dilangsungkan di Auditorium Kampus UMRI.

Tampil sebagai narasumber di antaranya Dirlantas Polda Riau Komber Pol Tulus Ikhlas Pamuji, Guru Besar Teknir UIR Sugeng Wiyono, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Jayus, serta Dekan FMIPA dan Kesehatan UMRI, Juli Widianto.

Dalam kesempatan tersebut, Kombes Tulus mengatakan bahwa tujuan etika dalam berlalu lintas yaitu dapat mengatur individu dalam menggunakan jalan sehingga terciptanya keamanan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas. Menurutnya, yang terpenting dalam mewujudkan hal tersebut yaitu sadar diri keselamatan dari hati, membiasakan diri untuk tertib berlalu lintas, mengajak orang lain untuk taat dalam berlalu lintas, serta memberikan sangsi sosial terhadap masyarakat yang tidak tertib berlalu lintas.

Adapun upaya-upaya yang dilakukan Ditlantas Polda Riau, lanjutnya, yakni dengan cara preventif yaitu melakukan sosialisasi atau himbauan kepada masyarakat tentang keselamatan berlalu lintas dan perundang-undangan lalu lintas. “Selain itu juga ada upaya preventif terhadap pelanggar lalu lintas yaitu dengan memberikan pelajaran kepada masyarakat supaya tertib dalam berlalu lintas,” tambahnya.

Tulus menambahkan, pihaknya berharap agar dengan adanya kegiatan tersebut UMRI sebagai mitra dalam keselamatan lalu lintas mampu menyadarkan pentingnya menjaga keselamatan lalu lintas.

“Saya mengharapkan kepada mahasiswa semuanya agar selalu menjaga ketertiban berlalu lintas di jalan raya. Marilah menjadi pelopor dan patuh dalam ketertiban dan keselamatan berlalu lintas,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III UMRI, Baidarus dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Ditlantas Polda Riau yang telah menggandeng pihaknya dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut. Tak hanya itu, ia juga menekankan bahwasanya keselamatan berlalu lintas merupakan salah satu bentuk ibadah. Menurutnya, di dalam ajaran Islam ibadah bukan hanya terkait aspek dengan Tuhan saja, melainkan aspek hubungan sesama manusia yang salah satunya etika berlalu lintas di jalan raya.

“Seminar ini sangat penting bagi kita semua. Untuk itu saya mengharapkan kepada seluruh mahasiswa yang hadir agar selalu menjaga ketertiban dan keselamatan di jalan raya karena ini bernilai ibadah,” tandasnya (rls/ Yusri).

Exit mobile version