Sambut Ramadhan, Persada Bekali Para Santri Dengan Pelatihan TPA

Sambut Ramadhan, Persada Bekali Para Santri Dengan Pelatihan TPA

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah- Bulan suci yang ditunggu seluruh umat muslim sebentar lagi akan tiba. Bulan di mana umat muslim berbondong-bondong untuk senantiasa beribadah kepada Allah SWT. Sudah tidak asing lagi jika di bulan ini banyak berkah yang melimpah. Masjid ramai didatangi para jamaah, serta tempat-tempat pengajian dan majelis ilmu ramai dikunjungi anak-anak.

Berangkat dari hal tersebut, Pesantren KH Ahmad Dahlan (Persada) tak ketinggalan untuk turut serta dalam menambah ketaqwaan di bulan ramadhan dengan diselenggarakannya pelatihan TPA (Taman Pendidikan Al Qur’an) yang diikuti oleh seluruh sanri Persada pada Ahad (7/5).

Pelatihan yang terbagi menjadi 2 sesi ini merupakan pelatihan kelima yang diikuti oleh santri Persada mengingat akan diterjunkannya para santri di TPA sekitar Persada selama bulan suci ramadhan.

Ketua Panitia Pelatihan, Isni Isnaini menuturkan bahwa pelatihan ini sangat penting bagi santri Persada. Menurutnya, setelah pelatihan tersebut seluruh santri Persada akan mendapat ilmu untuk bekal ketika terjun di masyarakat dan mengajar TPA.

“Pelatihan ini juga akan sangat membantu bagi santri ketika nanti sudah pulang ke kampung halaman dan diminta mengajar TPA,” imbuhnya.

Pelatihan disampaikan oleh Kak Iwan dan Kak Adin dengan dikemas dalam penyampaian yang sangat menarik perhatian para santri. Menurut Kak Iwan, para pengajar TPA harus tahu betul bagaimana cara menyajikan pengajaran yang tidak membosankan bagi santri TPA. Selain itu, para pengajar TPA juga harus tau cara menarik perhatian para santri TPA sehingga santri TPA dapat mengaji dengan baik dan menyenangkan.

“Misalnya ketika akan memulai ngaji, pengajar TPA membukanya dengan mengucapkan salam namun dengan gaya yang ceria dan semangat  sehingga para santri pun akan semangat dalam mengaji. Mengaji pun tidak harus membaca iqra saja, namun juga diselingi dengan nyayi dan game,” tuturnya.

Exit mobile version