Dukung Penelitian Dosen, Prodi Manajemen Unisa Adakan Workshop Penelitian

Dukung Penelitian Dosen, Prodi Manajemen Unisa Adakan Workshop Penelitian

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah- Dalam rangka mendukung kegiatan penelitian dosen, Program Studi Manajemen  Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta menggelar workshop metode penelitian pada Selasa (9/5) di Kampus Unisa Yogyakarta. Kegiatan bertajuk “Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Pada Bidang Imu Ekonomi, Sosial, dan Humaniora untuk Meningkatkan Tradisi Riset di Perguruan Tinggi” ini diikuti oleh 50 peserta.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya yaitu Nurul Indarti Siviekonom, dan juga Indah Fatmawati. Adapun materi yang disampaikan meliputi Theoritical framework dalam penelitian kualitatif, metode grounded theory dalam penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data kualitatif, paradigma penelitian kuantitatif, filosofi dasar model persamaan structural dan aplikasi confirmatory factor analysis, serta teknik memilih variable sesuai interdependensi dalam penelitian kuantitatif.

Ketua Program Studi Manajemen, Fitri Maulida Rahmawati menuturkan bahwa kegiatan ini dimaksudkan sebagai sarana menambah khasanah ilmu pengetahuan dan memperdalam pemahaman terhadap metode penelitian kualitatif dan kuantitatif.

“Selain itu, kegiatan workshop ini juga diharapkan mampu menjadi sarana akademik dosen dalam upaya pengembangan kompetensi bidang ilmu dan riset di perguruan tinggi sesuai dengan potensi sumber daya manusia, fasilitas penelitian dan sarana pengembangan yang tersedia,” terangnya.

Menurut  Fitri, adanya program penelitian dimaksudkan dalam rangka mengarahkan para peneliti untuk meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan penelitian di perguruan tinggi. Hal ini sejalan dengan kebijakan desentralisasi penelitian oleh Ditjen Dikti yang menyatakan bahwa penelitian dosen merupakan salah satu skema penelitian yang diperuntukkan bagi dosen tetap di lingkungan perguruan tinggi.

Lebih lanjut Fitri menyampaikan kualitas penelitian yang inovatif dan aplikatif diharapkan mampu dikembangkan melalui peningkatan kompetensi dosen pada bidang riset. Ia juga menuturkan bahwa metode kualitatif dan kuantitatif yang dibahas dalam workshop ini dapat digunakan dalam merancang penelitian di bidang ilmu ekonomi, sosial, dan humaniora.

“Pemilihan teori, variabel independensi dan moderasi yang sesuai, serta metodologi yang tepat akan menghasilkan luaran yang terdiseminasi dengan baik. Hal ini dapat berupa publikasi ilmiah dalam jurnal internasional atau nasional, maupun pengayaan buku ajar yang membawa kemanfaatan bagi mahasiswa dan masyarakat,” tandasnya (Humas Unisa).

Exit mobile version