Berkarya Melalui Pena, Buruh Migran Indonesia di Taiwan Sukses Lahirkan Buku

Berkarya Melalui Pena, Buruh Migran Indonesia di Taiwan Sukses Lahirkan Buku

TAIPEI, Suara Muhammadiyah- Mengenal Sang Surya di Bumi Formosa merupakan sebuh buku yang ditulis oleh 25 orang buruh migran Indonesia yang berada di Taiwan yang sebelumnya tidak mengenal Muhammadiyah. Berkat pendampingan rutin yang dilakukan oleh Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Taiwan bersama Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah buku tersebut dapat terbit.

Launching buku tersebut diadakan pada Ahad (14/5) di Aula Medical Taipei University bersamaan dengan pelantikan pengurus baru Pimpinan Cabang Istimewa ‘Aisyiyah (PCIA) Taiwan. Dijelaskan Ahmad Ma’ruf Wakil Ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah (MPM) yang turut hadir dalam acara tersebut bahwa buku ini merupakan kumpulan tulisan buruh migran yang merangkum tentang berbagai pengalaman keruhanian, kisah perjuangan yang diikuti oleh peluh keringat warga Muhammadiyah di Taiwan.

Lanjut Ma’ruf, buku tersebut juga dapat memberikan pelajaran tentang kelahiran dan harapan baru titik-titik pijak kosmopolitanisme Islam berkemajuan sekaligus internasionalisasi Muhammadiyah yang berwajah praksis dan kaya makna.

“Buku ini telah dipersiapkan sejak satu tahun yang lalu oleh pengurus PCIM Taiwan, tercetusnya buku ini merupakan hasil dari pelatihan pemberdayaan berkelanjutan yang dilakukan oleh PCIM Taiwan dan MPM PP Muhammadiyah,” ucap Ma’ruf.

Buku yang diterbitkan oleh Suara Muhammadiyah tersebut kini telah tercetak sebanyak  100 eksemplar, dan dengan prolog yang ditulis langsung oleh Ketua Umum Pimpinan Puat Muhammadiyah Haedar Nasir.

Selain itu, kembali dijelaskan oleh Ma’ruf MPM PP Muhammadiyah bersama PCIM Taiwan telah dua kali memberikan pelatihan pemberdayaan ekonomi dan sosial bagi buruh migran Indonesia di Taiwan. Selain itu juga turut diberikan materi dalam membangun karakter kemandirian, termasuk ekspresi melalui tulisan.

Dalam kesempatan yang sama juga dilakukan launching majalah Surya Formosa yang akan terbit setiap bulan dan akan didistribusikan kepada tujuh masjid yang ada di Taiwan, selain itu juga dilakukan launcing aplikasi gabungan radio-radio seluruh dunia yang berafiliasi dengan Muhammadiyah (Adam).

 

Exit mobile version