Berdayakan Seluruh Potensi Daerah, Muhammadiyah Batang Bangun RSI PKU

Berdayakan Seluruh Potensi Daerah, Muhammadiyah Batang Bangun RSI PKU

BATANG, Suara Muhammadiyah-Pimpinan Muhammadiyah level daerah, cabang, dan ranting di mana saja sudah biasa membangun Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dengan memberdayakan seluruh potensi yang dimiliki dengan kata lain bergotong royong mulai dari unsur pimpinan hingga anggota (warga).

Dengan sistem ini akan diperoleh beberapa manfaat, antara lain; (1) AUM yang berhasil didirikan menjadi milik bersama (persyarikatan) sehingga tidak ada seorang pun yang merasa paling berjasa dan merasa memiliki, (2) dengan bergotong royong akan meringankan sesuatu yang terasa berat dan memudahkan sesuatu yang terasa sulit, (3) memberikan hak dan kewajiban yang sama bagi semua unsur dalam persyarikatan terhadap amal usaha yang sedang dikerjakan, dan sebagainya.

PD Muhammadiyah Kabupaten Batang pun melakukan hal yang sama ketika merencanakan akan membangun Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Batang yang nantinya akan merupakan rumah sakit milik Muhammadiyah pertama di wilayah Kabupaten Batang.

Rumah Sakit yang diperkirakan akan menelan biaya tahap pertama hingga 40 milyar ini benar-benar merupakan hasil pemberdayaan semua potensi yang ada mulai dari unsur pimpinan hingga seluruh anggota bahkan simpatisan. Pimpinan Daerah dan empat belas pimpinan cabang Muhammadiyah se daerah Batang dibawah koordinasi ketua Panitia Pendiri, dokter Kusdarmaji, SpPD, beserta tim fundraising dan semua anggota panitia bahu-membahu mengumpulkan dana melalui sistem kotak amal di semua cabang, autodebet, wakaf tunai, wakaf profesi, sumbangan sukarela, dan cara-cara lain yang dibolehkan menurut syariat Islam dan tidak bertentangan dengan norma hukum yang berlaku di negara kita.

Langkah pertama untuk merealisasikan rumah sakit sudah ditempuh yaitu pembelian lahan calon lokasi rumah sakit seluas 5,000 m2 di wilayah Kelurahan Kauman Kecamatan Batang Kota seharga 3,75 miliar yang dibayar dalam 2 tahap. Setelah pembayaran tanah selesai, tahap berikutnya adalah pengurugan dan perataan tanah disusul peletakan batu pertama dan seterusnya.

Saat ini Panitia Pendiri RSI PKU Muhammadiyah Batang dan panitia pendiri RS PKU Muhammadiyah daerah lainnya di Jateng dengan difasilitasi oleh MPKU PWM Jateng sedang bernegosiasi dengan Bank Jateng Syariah untuk mendapatkan pinjaman khusus guna memulai pembangunan. Semoga negosiasi berjalan sesuai rencana sehingga pinjaman yang dibutuhkan oleh masing-masing panitia segera dapat terwujud dan nantinya akan menambah AUM bidang kesehatan di tanah air.  (Sugitohd)

Exit mobile version