Peringati Milad Ke-5, Griya Lansia ‘Aisyiyah Baiturrahmah Ajak Para Lansia Senam Otak

Peringati Milad Ke-5, Griya Lansia ‘Aisyiyah Baiturrahmah Ajak Para Lansia Senam Otak

Jpeg

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah- Dalam rangka memperingati Milad Ke-5, Griya Lansia ‘Aisyiyah Baiturrahmah menggelar kegiatan peringatan milad yang dilaksanakan di Auditorium Baroroh Baried, Kampus Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta pada Sabtu (20/5). Kegiatan bertajuk “Pelatihan Senam Otak dan Ceramah Kesehatan” ini dihadiri oleh para lansia dari Griya Lansia Baiturrahmah, Griya Lansia Halimah Bantul dan Griya Lansia RSA Muntilan.

Tampil sebagai narasumber di antaranya yaitu Praktisi Kesehatan Lansia, dr Probosuseno, serta Dokter Bagian saraf RSUP Dr Sardjito, dr Roy. Adapun materi yang disampaikan meliputi kesehatan lansia dengan fikus keaktifan otak dan pelatihan senam otak. Dalam kegiatan tersebut, pengisi acara mengajak para peserta untuk mempraktekan senam otak yang sangat bermanfaat bagi kesehatan lansia dilanjutkan dengan pemberian informasi kesehatan menjelang ramadhan.

Ketua Griya Lansia, Siti Halimah dalam sambutannya menyampaikan bahwa dasar dari kegiatan Griya Lansia ini adalah Al-Quran surat Luqman ayat 14 yang berisi perintah Allah agar berlaku baik kepada kedua orang tua dan kepada Allah SWT. Menurutnya, salah satu tujuan dari adanya Griya Lansia ini yakni untuk menjaga kesehatan kaum lansia.

“Dengan berdirinya Griya Lansia ini maka tidak akan membiarkan para lansia tidak berkomunikasi. Karena dengan berkomunikasi akan bisa menjaga kesehatan para lansia,” ujarnya.

Lebih lanjut Halimah menyampaikan bahwa Griya Lansia ‘Aisyiyah Baiturrahmah merupakan perkumpulan para lansia yang dikelola oleh Majelis Kesejahteraan Sosial Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Griya Lansia ini menjadi wadah berkumpulnya para lansia guna menjaga para lansia agar tetap aktif dan merasa berdaya untuk diri sendiri dan lingkungan sekitarnya.

Halimah menambahkan, keanggotaan Griya Lansia ini terus mengalami peningkatan. Oleh karenanya, pihaknya terus memfasilitasi para anggota melalui berbagai kegiatan yang diadakan berupa kegiatan internal maupun eksternal.

“Sejak awal berdirinya hingga sekarang, anggota Griya Lansia terus bertambah. Para anggota sangat aktif dan antusias dalam setiap kegiatan yang dilakukan, baik kegiatan internal ataupun kegiatan eksternal dam perkumpulan,” tandasnya (Suri/ Yusri).

Exit mobile version