Buka Gelaran Wayang Kulit, Haedar Nashir: Muhammadiyah Tidak Anti Budaya

Buka Gelaran Wayang Kulit, Haedar Nashir: Muhammadiyah Tidak Anti Budaya

BANTUL, Suara Muhammadiyah-Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir hadir dan sekaligus membuka gelaran wayang kulit dengan lakon Wahyu Makutha Rama, Sabtu (20/5) malam. Pagelaran seni dan dakwah itu diselenggarakan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Tamantirto Utara di komplek Masjid Husnul Khatimah Peleman, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Haedar mengapresiasi pagelaran dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan ini. “Acara ini spesial karena menyambut Ramadhan dengan wayangan, apalagi yang menyelenggarakan PRM Tamantirno,” kata Haedar. Hal ini belum banyak diketahui masyarakat. Muhammadiyah dengan watak puritannya sering dipersepsikan sebagai gerakan yang anti dengan kebudayaan lokal.

“Orang selalu menyebut Muhammadiyah tidak suka wayang, ternyata malam ini membuktikan bahwa Muhammadiyah juga suka wayang dan tidak anti budaya dan kebudayaan. Kita mendukung kebudayaan,” tutur Haedar, yang sengaja membatalkan beberapa agenda penting di Jakarta, demi ikut hadir dalam pagelaran seni budaya ini.

Muhammadiyah, kata Haedar, melalui keputusan tanwir 2002, telah meluncurkan program dakwah kultural. Dakwah dalam konteks ini berarti berusaha menggunakan strategi, bentuk pemahaman dan upaya yang lebih empatik dalam mengapresiasi kebudayaan masyarakat yang akan menjadi sasaran dakwah. Selain juga mengaktualisasikan dakwah Islam dalam realitas kebudayaan masyarakat secara terus-menerus dan berproses, sehingga nilai-nilai Islam ikut mempengaruhi, membingkai dan membentuk kebudayaan yang Islami, khususnya di kalangan umat Islam, melalui pendekatan dan strategi yang tepat.

Haedar juga mengapresiasi lakon Wahyu Makutha Rama yang dibawakan oleh Ki Seno N dan H Jumadi malam itu. Menurutnya, Wahyu Makuta Rama ‘Hasta Brata’ tidak hanya berlaku bagi para pemimpin saja. Setiap manusia, seyongyanya turut mengamalkan dalam arti hidup selaras dengan alam dan menjalankan peran yang diembannya. Sehingga memberi manfaat bagi sesama dan alam semesta.

Wahyu Makutha Rama dikenal dengan nama ajaran hasta brata. Hasta artinya adalah delapan dan brata berarti tingkah laku atau watak. Hasta brata merupakan pedoman perilaku manusia dengan implementasi prinsip-prinsip hukum alam dalam kepemimpinan. Haedar berharap, kedelapan unsur alam semesta tersebut menjadi teladan perilaku sehari-hari dalam pergaulan masyarakat terlebih lagi dalam rangka memimpin negara dan bangsa. “Ada banyak hikmah yang bisa diambil, bermakna dan semoga diberkahi Allah,” kata Haedar.

Pertama, watak surya atau matahari. Matahari memancarkan sinar terang sebagai sumber kehidupan yang membuat semua makhluk tumbuh dan berkembang. “Matahari simbol untuk menyinari seluruh semesta alam. Muhammadiyah itu menyinari. Kita harus saling menyinari sesama anak bangsa,” katanya.

Kedua, watak candra atau bulan. Cahaya bulan yang lembut dianggap mampu menumbuhkan semangat dan harapan-harapan yang indah. Seorang pemimpin dituntut untuk mampu memotivasi dan membangkitkan semangat rakyatnya dalam semua situasi suka dan duka. Ketiga, watak kartika atau bintang, yang menyimbolkan bahwa pemimpin itu sebagai suri tauladan atau pedoman arah.

Keempat, watak angkasa atau langit, yang menunjukkan bahwa pemimpin harus memiliki keluasan batin, kesabaran, dan kemampuan mengendalikan diri. Kelima, watak maruta atau angin, menunjukkan bahwa pemimpin itu mengisi semua ruang kosong, selalu dekat dengan semua rakyatnya.

Keenam, watak samudera, yaitu laut atau air. Bahwa pemimpin harus menempatkan semua dalam martabat yang sama, adil, dan bijaksana. Ketujuh, watak dahana atau api, menyimbolkan pemimpin harus berwibawa dan menegakkan kebenaran tanpa pandang bulu. Kedelapan, watak bumi atau tanah, menunjukkan pemimpin harus kuat dan bermurah hati. (Ribas/Foto:Th)

Exit mobile version