Kemah Ramadhan II PW Muhammadiyah Aceh Dibuka

Kemah Ramadhan II PW Muhammadiyah Aceh Dibuka

MEUKEK, Suara Muhammadiyah- Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh kembali menggelar kegiatan Kemah Ramadhan yang berlokasi di Desa Kuta Buloh I, Meukek, Aceh Selatan. Pembukaan Kemah Ramadhan berlangsung di  halaman Masjid At Taqwa Kuta Buloh, Meukek. Dalam kegiatan ini turut hadir Bupati Aceh Selatan T Sama Indra, dan anggota DPR RI Muslim Ayub. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 6 s/d 9 Ramadhan 1438H.

Taufik Riswan, selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah sebanyak 100 peserta yang terdiri dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah,  ‘Aisyiyah, Ortom-Ortom Pimpinan Wilayah, Pimpinan Daerah dan Cabang Muhammadiyah,  ‘Aisyiyah, dan Ortom-Ortom Muhammadiyah se-Aceh.

Bupati Aceh Selatan, Sama lndra menyambut baik kegiatan Kemah Ramadhan yang dilaksanakan oleh PW Muhammadiyah Aceh dan sebagai putra Meukek, Bupati merasa bangga telah memilih Meukek sebagai tuan rumah. Ia berharap peserta dapat menikmati keindahan alam Aceh Selatan serta dapat  berkunjung ke Tapaktuan sebagai Ibu Kota Aceh Selatan yang dikenal sebagai Kota Pala. Dalam sambutannya pada hadirin yang hadir T Sama Indra menyampaikan bahwa meskipun kita memiliki interpretasi berbeda terhadap agama Islam, tapi bagaimana dengan perbedaan tersebut memberikan nilai positif bagi arah berkembangnya nilai-nilai Islam yang lebih baik.

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh, Aslam Nor dalam tausiyahnya menyampaikan bahwa tujuan Kemah Ramadhan ini adalah untuk memperkuat tali silaturahim dan memelihara semangat ber-Muhammadiyah bagi warga Muhammadiyah dan juga simpatisan yang ada disekitar lokasi kegiatan.

Dalam sejarahnya Muhammadiyah masuk ke Aceh pada tahun 1921 oleh seorang pegawai kereta api Tjaja Sukadja. Namun, Sebelumnya telah didahului oleh para alumni Sumatera Thawalib tahun 1916 di pesisir Aceh Selatan. Di mana memiliki kesamaan dengan gerakan Muhammadiyah.

“Muhammadiyah sampai saat ini tetap eksis dikarenakan pertama, setiap aktivitasnya di tujukan hanya untuk beribadah kepada Allah subhana wa taala, kedua berMuhammadiyah adalah bergembira,” jelas Aslam Nor.

Kemah Ramadhan II yang dibuka langsung oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh tersebut turut dimeriahkan oleh pertunjukkan grup Marching Band dari sekolah MTsM Muhammadiyah Meukek sebanyak 50 murid MTsM (Anhar).

Exit mobile version