Milad 1 Abad, ‘Aisyiyah Klaten Galakkan 4 Program Unggulan

Milad 1 Abad, ‘Aisyiyah Klaten Galakkan 4 Program Unggulan

KLATEN, Suara Muhammadiyah- Dalam rangka semarak Milad 1 abad ‘Aisyiyah, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Klaten menggelar serangkaian kegiatan pada Jumat (2/6) di DK Mlese, Desa Mlese, Kecamatan Cawas, Klaten. Berbagai kegiatan yang digelar meliputi bakti sosial pengobatan gratis dari RSIA ‘Aisyiyah Klaten, santunan kaum dhuafa dengan pemberian bingkisan sembako sebanyak 75 paket, buka bersama, serta pesantren jurnalistik untuk Angkatan Muda Muhammadiyah.

Disampaikan oleh Ketua PDA Kabupaten Klaten, Qomariyah bahwa dalam refleksi 1 abad ‘Aisyiyah ini, pihaknya kembali menegaskan bahwa program unggulan PDA Kabupaten Klaten meliputi 4 pilar yakni pendidikan, kesehatan, kesejahteraan sosial, dan ekonomi. “Oleh karena itu, kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Milad ‘Aisyiyah ini juga kegiatan-kegiatan yang meliputi 4 pilar tersebut,” terangnya.

Kegiatan bakti sosial dan pengobatan gratis ini dipimpin langsung oleh Ketua PDA Kabupaten Klaten, Qomariyah. Kehadiran rombongan disambut baik oleh Ketua Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Cawas, Sri Sukarmiatun beserta anggota lain. Hadir dalam kesempatan tersebut sejumlah tokoh masyarakat, takmir Masjid Al Mukmin, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Pengobatan gratis, kata Qomariyah, merupakan salah satu program unggulan ‘Aisyiyah Kabupaten Klaten sebagai wujud partisipasi terhadap pemerintah untuk menyehatkan warga masyarakat. Untuk pelaksanaan kegiatan, pihaknya mendatangkan dokter muda, serta tenaga medis dan para medis yang telah berpengalaman dari RSIA ‘Aisyiyah Klaten.

“Alhamdulillah pengobatan gratis ini  mendapat tanggapan positif dari warga setempat serta warga Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. Banyak warga yang memanfaatkan untuk berobat  gratis. Tak kurang dari 75 warga masyarakat yang ikut pengobatan gratis tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk menunjang keunggulan di bidang kesehatan, Qomariyah mengatakan bahwa pihaknya kini telah berhasil membangun Gedung RSIA ‘Aisyiyah berlantai 3. “Meski RSIA ‘Aisyiyah Klaten masih bertipe C, namun sesuai arahan dari PWA Jateng agar RSIA ‘Aisyiyah ditingkatkan menjadi Rumah Sakit Umum.Untuk  meningkatkan menjadi Rumah Sakit Umum, maka  kami baru saja melakukan study banding ke RSU Muhammadiyah Gombong,” jelasnya.

Sedangkan untuk Majelis Kesejahteraan Sosial, lanjutnya, PDA Kabupaten Klaten telah memiliki wisma lansia yag telah diresmikan oleh Plt. Bupati Klaten, Sri Mulyani beberapa waktu lalu di Karangwetan.

“Sedangkan untuk bidang ekonomi, telah berdiri beberapa kelompok Qoriyah Thoyyibah yang mengusahakan berbagai macam produk ekonomi,” pungkasnya (Paimin JS).

Exit mobile version