Lewat Lomba Media Pembelajaran UM Plangkaraya Asah Kreativitas Mahasiswa PGMI

Lewat Lomba Media Pembelajaran UM Plangkaraya Asah Kreativitas Mahasiswa PGMI

Suasana perlombaan media pembelajaran "Diorama" yang dilaksanakan oleh Prodi PGMI UM Palangkaraya

PALANGKA RAYA, Suara Muhammadiyah- Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya mengadakan kegiatan lomba Media Pembelajaran “Diorama” pada hari Jum’at (9/6) di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Perlombaan yang digelar oleh PGMI ini memiliki tujuan sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan kreativitas mahasiswa khususnya yang mengambil jurusan di bidang keguruan.

Ahmad Alghifari Fajeri, selaku Kaprodi PGMI sangat mengapresisi kegiatan ini, karena kegiatan ini merupakan bekal mahasiswa calon-calon guru nantinya dalam mengajar peserta didik.

“Kegiatan ini tidak hanya untuk mencari siapa yang terbaik, namun pengalaman dari kegiatan ini bisa memberikan bekal kepada kalian ketika nantinya mengajar di sekolah,” ujar Alghifari.

Peserta yang mengukuti kegiatan perlombaan ini berjumlah 6 kelompok yang terdiri dari berbagai program studi yang ada di UM Palangkaraya, yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Agama Islam (PAI) dan juga dari PGMI sendiri.

Media Diorama sendiri adalah salah satu media pembelajaran yang bisa dijadikan alternatif oleh seorang pengajar dalam menyampaikan informasinya. Pembuatan diorama membutuhkan kreativitas dari si pembuatnya, maka dari itu dengan adanya lomba seperti ini bisa memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa bagaimana membuat media pembelajaran yang baik sehingga bisa menjadi guru yang profesional. Media diorama bisa dibuat dari bahan-bahan sederhana yang dapat kita temukan disekitar kita.

“Salah satu kriteria dalam lomba media diorama ini adalah peserta wajib menggunakan bahan daur ulang yang ada disekitar,” ujar Maria selaku ketua panitia.

Setelah masing-masing kelompok memaparkan media pembelajaran “Diorama” nya, dewan juri memutuskan yang menjadi juara lomba adalah kelompok yang berasal dari program studi Pendidikan Agama Islam. (Humas UM Palangkaraya)

Exit mobile version