Peduli Korban Banjir, MDMC dan UM Magelang Bantu Pulihkan Warga

Peduli Korban Banjir, MDMC dan UM Magelang Bantu Pulihkan Warga

MAGELANG, Suara Muhammadiyah- Banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang beberapa waktu lalu memberikan pengaruh besar bagi warga terdampak. Sebagai upaya meringankan beban serta memberikan dorongan kepada warga terdampak, Universitas Muhammadiyah Magelang bersama dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Magelang menggelar kegiatan sosial berupa penggalangan semangat kepada warga korban banjir.

Ketua Posko Kegiatan, NS Margono menuturkan bahwa bantuan dipusatkan di lima lokasi terdampak banjir yang meliputi Dusun Kaligading, Dusun Sambungrejo, Dusun Kalisapi, Dusun Karanglo, dan Dusun Tlumas. Adapun kegiatan penggalangan semangat yang digelar berupa lomba bagi anak-anak, pengajian, serta buka puasa bersama.

Tak hanya itu, Universitas Muhammadiyah Magelang juga menyalurkan bantuan berupa 400 paket sembako dengan nilai sekitar Rp 70 juta kepada warga terdampak, serta pemberian pendampingan trauma healing kepada korban pascabencana. Bantuan-bantuan yang terkumpul tersebut berasal dari warga Muhammadiyah yang meliputi Pimpinan Cabang Muhammadiyah, Pimpinan Cabang Aisyiyah, maupun sekolah-sekolah Muhammadiyah.

Kegiatan ini mendapatkan respon baik dan apresiasi dari tokoh setempat. Kepala Dusun Tlumas, Suadi mengaku bersyukur atas adanya bantuan yang diberikan kepada warganya di bulan Ramadhan ini.

“Saya yakin bahwa semua kegiatan yang digelar para relawan ini sangat bermanfaat untuk membantu warga baik anak-anak, remaja, maupun orang tua,” ujarnya, Minggu (11/6).

Terkait relawan, Margono menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini pihaknya mendatangkan 150 personil untuk melakukan penggalangan semangat bagi para warga yang terdampak musibah di 5 dusun yang meliputi Dusun Kaligading, Dusun Sambungrejo, Dusun Kalisapi, Dusun Karanglo, dan Dusun Tlumas. Personil yang diterjunkan terdiri atas relawan MDMC, mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan, serta motivator yakni Ustadz Walyono dan Ustadz Komaruddin.

“Selama 3 hari kemarin ada 150 personil mengadakan berbagai kegiatan yang intinya untuk memberikan dukungan warga di Dusun Kaligading, Sambungrejo, Kalisapi, Karanglo, dan Tlumas,” tandasnya (wid/ Yusri).

Exit mobile version