Safari Bulan Dana RSI PKU Muhammadiyah Batang di Pecalungan

Safari Bulan Dana RSI PKU Muhammadiyah Batang di Pecalungan

BATANG, Suara Muhammadiya-Panitia Pendirian Rumah Sakit Islam (RSI) PKU Muhammadiyah Batang memanfaatkan bulan suci Romadlon tahun ini sebagai Bulan Dana RSI guna mengetuk kesadaran warga Muhammadiyah khususnya dan umat Islam pada umumnya menyalurkan infaq dan shodaqah (termasuk wakaf) untuk mempercepat pembangunan rumah sakit yang telah direncanakan.

Panitia bekerja sama dengan Majelis Tabligh PDM Batang mengadakan safari Romadlon ke PCM-PCM di wilayah Kabupaten Batang. Hari Jumat lalu (9/6) Tim mengunjungi PCM Reban dan PCM Pecalungan. Bertindak selaku nara sumber dari Majelis Tabligh, Dr Ali Trigiyatno, MAg yang membawakan materi wakaf dalam perspektif kekinian dan yang akan datang.

Para hadirin yang pada umumnya merupakan anggota jamaah pengajian Ahad Pagi yang dikoordinir oleh PCM-PCM di cabang-cabang mengikuti kegiatan ini dengan penuh antusias. Diharapkan bulan dana RSI pada bulan suci ini dapat memenuhi harapan Panitia dalam hal penggalian dan penggalangan dana umat.

Dr Ali Trigiyatno, MAg. menyitir Surat Ali Imran ayat 92 yang sering dijadikan dalil naqli seorang mukmin mengeluarkan infaq dan atau shodaqah termasuk di dalamnya wakaf. Selain itu disitir pula hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Al-Bukhori tentang shodaqah yang utama dikeluarkan pada saat seorang mukmin sedang dalam keadaan sehat, giat berusaha (bekerja), takut miskin, dan bercita-cita semakin kaya.

Shodaqah ataupun wakaf sebaiknya dikeluarkan pada saat seseorang masih hidup dan sehat, jangan menunggu tua apalagi sakit-sakitan dan kondisinya sudah sangat lemah. Harta yang ditinggalkan jika tidak diurus oleh ahli waris yang saleh akan jatuh ke tangan yang salah dan justru menjadi sumber perpecahan keluarga yang menimbulkan dosa.

Oleh karena itu senyampang pada bulan suci Romadlon bulan penuh barokah hendaknya warga Muhammadiyah dan umat Islam bersegera mengeluarkan zakat, infaq dan shodaqah untuk membantu percepatan pembangunan rumah sakit yang kita idam-idamkan. (Sugitohd)

Exit mobile version