Mahasiswa PAI-UAD Tebar Kebaikan di Bulan Ramadhan

Mahasiswa PAI-UAD Tebar Kebaikan di Bulan Ramadhan

SLEMAN, Suara Muhammadiyah– “Cara Belajar yang paling baik adalah dengan mengajar”, pepatah ini telah dibuktikan kebenarannya oleh beberapa mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Dengan berjumlah 10 mahasiswa, PAI-UAD mencoba untuk menebar kebaikan di daerah kaki gunung Merapi. Tepatnya di SMPN 1 Cangkringan, mahasiswa PAI-UAD berbagi ilmu keagamaan dalam rangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan.

“Di sini kami sejatinya bukanlah mengajar tetapi justru belajar, membagikan ilmu yang sudah kami punya dan berinteraksi langsung dengan anak-anak,” ungkap Luqman Abdurrahman yang merupakan salah satu mahasiswa PAI-UAD.

Mahasiswa datang ke lokasi di dampingi dosen pendamping dan di sambut hangat oleh keluarga besar SMP N 1 Cangkringan. Umi Hidayatun, selaku koordinator kegiatan menyampaikan beberapa hal terkait kegiatan yang akan dilaksanakan mahasiswa PAI UAD. Kami sangat terbantu dengan adanya mahasiswa PAI UAD, semoga tahun tahun kedepan kerjasama seperti ini dapat terus berlangsung, ungkapnya. Kegiatan Pesantren Ramadhan ini  berlangsung selama 2 hari (14-15 Juni 2017), diisi dengan beberapa materi seperti Tahsin Qur’an dan Praktik Ibadah yang diantaranya adalah Thaharah, Shalat Wajib dan kepengurusan jenazah. Peserta kegiatan pesantren ramadhan merupakan seluruh siswa kelas VII dan VIII yang dibagi menjadi 6 kelas. Empat kelas putra dan dua kelas putri.

“Anak-anak menjadi sangat antusias dan semangat dengan diisinya kegiatan Pesantren Ramadhan tahun ini oleh mahasiswa PAI-UAD, harapan kami semoga mahasiswa PAI-UAD dapat terus menebar kebaikan dan ilmu yang bermanfaat dimanapun berada” ungkap Hadi Suparmo  selaku kepala sekolah SMPN 1 Cangkringan. Hadi Suparmo. merasa senang dengan kehadiran mahasiswa PAI UAD yang mamp memberikan warna baru dalam kegiatan ini, ia berharap dengan membantu kegiatan seperti ini mahasiswa PAI UAD akan lebih matang dan mempunyai skill dalam menyiapkan masa depan sebagai guru Agama. Hal ini juga merupakan wujud komitmen Program Studi PAI UAD dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa PAI UAD. (Atika)

Exit mobile version