SMP Muhammadiyah Pakem Ramadhan di Sekolah

SMP Muhammadiyah Pakem Ramadhan di Sekolah

SLEMAN, Suara Muhammadiyah-Ratusan siswa-siswi SMP Muhammadiyah Pakem mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan pada Senin – Kamis, 12 – 15 Juni 2017. Kegiatan ini berlagsung di kampus utama SMP Muhammadiyah Pakem dengan mengambil tema “Ramadhanku, Ramadhanmu, Ramadha Kita”. Berbagai macam kegiatan diselenggarakan dalam agenda pesantren ramadhan kali ini. Di antaranya pelatihan shalat, kultum, outbound dan berbagai materi ke-Islaman lainya yang menunjang penambahan wawasan ke-Islaman siswa. Kegiatan ini juga termasuk komitmen sekolah untuk mewujudkan siswa yang berjiwa santri untuk selalu berprestasi.

Kepala sekolah Hendro Sucipto, MPd menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pengetahuan ke-Islaman siswa. Pembelajaran ke-Islaman yang sudah berlangsung di luar bulan ramadhan diasah kembali secara intensif pada kegiatan ini. Selain itu, kegiatan ini juga mendorong siswa untuk memiliki sikap kemandirian dan kedewasaan. “Dengan kegiatan ini, kami berharap para siswa dapat mempraktikan ilmu pengetahan dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari,” ungkapnya.

Senada dengan hal tersebut, ketua panitia Anji  Fathunnaja MPdI juga berharap bahwa kegiatan ini bisa menjadi pijakan awal siswa untuk lebih mendalami ilmu-ilmu ke-Islaman. Kegiatan yang berlangsung singkat tersebut diharapkan mampu menanamkan karakter-karakter yang baik diantara para siswa. “Jadi, mengikuti kegiatan ini jangan semata-mata untuk mengejar nilai, namun lebih dari itu yang lebih penting adalah bagaimana para siswa bisa menerapkan apa yang sudah diajarkan dalam keidupan sehari-hari,” pesannya kepada para siswa.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua gelombang. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan pembinaan dan pembimbingan siswa. Para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dimana setiap kelompok terdapat satu fasilitator. “Dengan sistem seperti ini, kita lebih mengetahui kemampuan siswa satu per satu,” jelas Anji.

Selain melibatkan para guru dan karyawan SMP Muhammadiyah Pakem, Kegiatan ini juga berlangsung atas kerjasama Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) cabang Kab Sleman. Hampir di setiap kegiatan kesiswaan, SMP Muhammadiyah pakem melibatkan beberapa ortom Muhammadiyah seperti IPM, IMM, ataupun yang lainya. Hal ini sebagai sarana silaturahmi dan membentuk sinergi antara ortom dan AUM di Muhammadiyah. (Imron)

Exit mobile version