UM Palangkaraya Kembali Adakan Ekspedisi Mungku Baru 2017

UM Palangkaraya Kembali Adakan Ekspedisi Mungku Baru 2017

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah- Universitas Muhammadiyah Palangkaraya kembali melakukan unjuk gigi sebagai kampus berstandar Internasional. Hal ini ditandai dengan diterimanya kunjungan dari University of Exeter, Inggris dan Borneo Nature Foundation (BNF) pada Senin (10/7).

Kunjungan dari rombongan University of Exeter yang terdiri dari 1 orang dosen, 1 orang koordinator lapangan, serta 10 mahasiswa ini diterima langsung oleh Wakil Rektor II, Supardi di Ruang Rapat Rektorat.

Adapun maksud dari kunjungan tersebut yakni melakukan pembahasan mengenai akan diadakannya Ekspedisi Mungku Baru 2017 di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) yang di kelola oleh UM Palangkaraya.

Dalam kesempatan tersebut, Supardi menuturkan bahwa ekspedisi yang kedua kalinya ini nantinya akan melibatkan beragam elemen. Tak hanya dari pihak UM Palangkaraya, University of Exeter dan BNF saja, namun juga dari pemerintahan dan masyarakat lokal.

“Dari UM Palangkaraya sendiri akan melibatkan dosen dan mahasiswa yang langsung di koordinatori oleh Dekan Fakultas Pertanian dan Kehutanan Ibu Siti Maimunah,” ujarnya.

Ekspedisi Mungku Baru 2017 tersebut berlangsung selama 1 bulan sejak 11 Juli – 9 Agustus 2017. Para peneliti nantinya menginap di kamp-kamp yang ada di KHDTK Mungku Baru.

Tak jauh beda dengan ekspedisi pertama di tahun lalu, ekspedisi kali ini juga memiliki tujuan yang hampir sama yakni meliputi penelitian tentang orang utan, serta inventarisasi flora dan fauna yang ada di KHDTK Mungku Baru. Hal ini mengingat kondisi hutan Kalimantan khususnya Kalimantan Tengah yang terkenal akan kekayaan alam jenis flora dan fauna sehingga dinilai perlu adanya pendataan yang akurat tentang hal tersebut.

“Setiap tahunnya peneliti dari luar negeri banyak datang ke Kalimantan Tengah untuk melakukan penelitian tersebut dan UM Palangkaraya sering kali ikut berpartisipasi,” tambah Supardi.

Supardi berharap, ekspedisi kedua yang digelar pihaknya ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

“Semoga kerjasama yang baik ini terus berlanjut, dan UM Palangkaraya siap memberikan dukungannya. Dalam ekspedisi kali ini, harapan saya adalah suksesnya kegiatan dan selamat menikmati hutan asli Kalimantan,” pungkasnya (Humas UM Palangkaraya)

Exit mobile version