Ketika Ketua Pemuda Muhammadiyah Berdakwah ‘Gaya Wali’

Ketika Ketua Pemuda Muhammadiyah Berdakwah ‘Gaya Wali’

TUBAN, Suara Muhammadiyah– Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah (PP PM) Dahnil Azhar melakukan kunjungan ke Kota Tuban yang sering disebut Kota Wali, dalam kunjungan yang dilakukan pada (9/7) merupakan satu rangkaian agenda yang dilakukankan di beberapa tempat di Jawa Timur.

Setelah menghadiri pelantikan Pemuda Ranting Payaman, Solokuro, Lamongan. Dahnil diundang untuk mengisi acara pegajian rutin Ahad Pagi di Masjid Darussalam Kebonsari, Tuban. Materi yang disampaikan ialah tentang dakwah menggembirakan, Dahnil menyampaikan “salah satu dakwah yang menggembirakan adalah ketika berdakwah dengan orang lapar. Maka, yang dibahas jangan soal tauhid tapi berikan solusi bagaimana dia bisa makan,” tuturnya.

Pesan yang disampaikan ini menarik, seperti salah satu falsafah hidup yang disampaiakan oleh Sunan Drajat dalam “Pepali Pitu” (tujuh ajaran dasar), yakni “Menehono mangan marang wong kang luwe” yang artinya (berikan makan pada orang yang lapar). Menjadi sebuah hal yang tidak biasa, bilamana Da’I Muhammadiyah melakukan gaya dakwah menyerupai wali songo yang identik dengan gaya dakwah orang NU.

Hal ini menunjukan bahwa ciri dakwah Muhammadiyah bukan hanya Berkemajuan, melainkan juga memiliki dakwah corak khas Nusantara. Yakni dakwah yang moderat dan mengembirakan, (A’an Ar/Mg)

Exit mobile version