Muhammadiyah Depok Gelar Silaturahim dan Launching Program Lazismu

Muhammadiyah Depok Gelar Silaturahim dan Launching Program Lazismu

aSLEMAN, Suara Muhammadiyah-Segenap keluarga besar Muhammadiyah se-Kecamatan Depok, Sleman tumpah ruah di halaman SD Muhammadiyah Condong Catur, Ahad (16/7). Kegiatan yang dipadukan dengan tausiyah bersama dengan anggota DPR RI Ahmad Hanafi Rais itu dihadiri oleh 600-an warga Muhammadiyah, Aisyiyah, dan seluruh perwakilan organisasi otonom.

Dalam sambutannya, ketua PCM Depok, Jumiran menyatakan bahwa Muhammadiyah Depok memiliki ranting dan AUM pendidikan yang mumpuni dan berkualitas. Hingga saat ini, kecamatan dengan perguruan tinggi terbanyak di Yogyakarta ini memiliki 8 PRM, 3 SMP Muhammadiyah, 3 SD Muhammadiyah dan beberapa TK/RA Muhammadiyah dan Aisyiyah. Oleh karena itu, Jumiran mengajak masyarakat luas dan warga Muhammadiyah pada khususnya untuk menyekolahkan anak-anaknya di lembaga pendidikan milik Muhammadiyah Depok.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sleman yang diwakili oleh sekretaris PDM, Ahmad Affandi, menyambut baik kegiatan silaturahim dan halal bihalal PCM Depok. Menurutnya, selama ini Muhammadiyah kurang maksimal memanfaatkan forum-forum silaturahim. “Kita ini pinter berorganisasi, berbaris, tetapi sulit untuk berkumpul,” tuturnya. Affandi mengajak para warga Muhammadiyah untuk lebih memperkuat silaturahim kedepannya. “Harus sering silaturahim. Sehingga Muhammadiyah di Depok ini bisa solid dan kuat,” katanya.

Sementara itu, Ahmad Hanafi Rais yang menyampaikan siraman rohani mengajak warga Muhammadiyah untuk meneruskan kebiasaan baik di bulan suci Ramadhan. Amalan-amalan baik yang menjadi kebiasaan ketika Ramadhan harus menjadi karakter dan kebiasaan dalam keseharian setelah Ramadhan berlalu.

Salah satu yang ditekankan oleh anak dari Amien Rais ini adalah amalan tadarus al-Qur’an. Sebagai kitab suci, Al-Qur’an itu kaya makna dilihat dari beragam sisi. “Al-Qur’an juga memiliki hak yang harus dipenuhi,” katanya. Di antara hak al-Qur’an yang harus ditunaikan oleh setiap muslim, kata Hanafi Rais, adalah mengimani, membaca, menghafalkan, dan mengamalkan al-Quran.

Mengamalkan al-Qur’an menjadi hal penting. “Sebaik-baik ilmu adalah yang diamalkan sebagai amal sholeh,” ungkap Hanafi Rais. Al-Qur’an yang kaya makna menjadi pedoman dan petunjuk bagi manusia. Hidup dengan tuntunan al-Qur’an merupakan hidup yang damai, tenteram, dan memberi kedamaian kepada sesama.

Dalam acara tersebut, Lembaga Amil Zakat Infak dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) bekerjasama dengan MPS dan MPM melaunching beberapa program unggulan. Di antaranya program filantropi cilik, yang ditujukan untuk para siswa di lingkungan sekolah-sekolah Muhammadiyah di wilayah Depok. Program ini bertujuan untuk mengajak anak-anak sedini mungkin mulai berinfak dan sedekah.

Selain itu juga, dilaunching program santunan kesehatan untuk sesepuh Muhammadiyah, program beasiswa pendidikan, dan urunan pembiayaan ambulance kemanusiaan PCM Depok. (Ribas)

Exit mobile version