Anies Baswedan Belajar Pemberdayaan Masyarakat ke Muhammadiyah

Anies Baswedan Belajar Pemberdayaan Masyarakat ke Muhammadiyah

SLEMAN, Suara Muhammadiyah- Dalam kunjungannya ke Daerah Istimewa Yogyakarta, Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Rasyied Baswedan melakukan beberapa agenda. Salah satunya adalah mengikuti acara panen raya padi jenis Mentik Wangi yang diselengarakan oleh Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sleman pada Rabu (19/7) di Kwarasan, Nogotirto, Gamping, Sleman.

Setelah memanen padi dan ikan, acara kemudian dilanjutkan sarapan dengan menu ikan bakar dan nasi hasil dari sawah yang baru saja dipanen bersama. Seusai sarapan, dalam sambutannya Anies menyampaikan kekagumannya atas rasa makanan hasil dari olahan pertanian yang dikembangkan oleh MPM PDM Sleman. “Ini salah satu nikmat yang luar biasa, menikmati olahan ikan yang rasanya mantap langsung dari tempatnya”, ujarnya.

“Kedatangan kita beserta rombongan ke Sleman dan bertemu dengan kawan-kawan disini bukan hanya untuk mencicipi olahan saja, tapi juga untuk belajar mengenai pemberdayaan masyarakat ke Muhammadiyah, khususnya ke MPM,” jelasnya.

Hasil dari pertemuan ini diharapkan akan bisa diaplikasikan untuk mengaktifkan masyarakat yang minim kontribusi dan produktifitas, menjadi masyarakat yang aktif dan produktif. Anies juga menyampaikan apresiasi kepada para petani dan Muhammadiyah, yang telah banyak berjasa menyediakan kebutuhan bagi masyarakat. “Di saat yang lain bekerja untuk mencari makan, Anda bekerja untuk menyediakan makan”, tutupnya.

Terkhusus di Jakarta, ujar Anies, masih sangat membutuhkan daerah lain dalam memenuhi kebutuhan pokok warganya. Tingkat partisipasi warga Jakarta dalam menyediakan kebutuhan bagi mereka sendiri tergolong sangat minim.

Kemanfaatan potensi alam seperti ini, kata Anies, harusnya bukan hanya dinikmati oleh penduduk Sleman sendiri, tapi juga harus dirasakan oleh masyarakat luar, termasuk Jakarta. Potensi alam yang jarang ditemui di Jakarta, seperti hasil produk pertanian dan perikanan harusnya bisa disuplai ke berbagai daerah seluruh Indonesia.

Turut hadir dalam acara panen raya padi dan ikan tersebut di antaranya Bupati Sleman Sri Purnomo, ketua MPM PP Muhammadiyah M Nurul Yamin, ketua PWM DIY Gita Danu Pranata, ketua PW PM DIY Iwan Setiawan, wakil ketua DPRD DIY Arif Noor Hartanto, dan tamu lainnya.

Acara panen raya ini sendiri  merupakan rangkaian agenda kunjungan Anies ke DIY. Selanjutnya, rombongan akan langsung menuju ke kantor PP Muhammadiyah, dan dilanjut malam harinya mengisi pengajian di salah satu acara Ranting Muhammadiyah Nitikan, (A’an ar/mg).

Exit mobile version