Kabar Duka, Muhammad Muqoddas Tutup Usia

Kabar Duka, Muhammad Muqoddas Tutup Usia

YOGYAKARTA, Suara MuhammadiyahInna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Kabar duka menghampiri segenap keluarga besar Persyarikatan Muhammadiyah. Telah wafat mantan Ketua PP Muhammadiyah periode 2000-2015, Drs H Muhammad Muqoddas Lc MAg, pada Sabtu, 22 Juli 2017, pukul 19.10, di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Kepergian sosok ulama intelektual dan aktivis dakwah ini meninggalkan duka mendalam di banyak tokoh. Termasuk di mata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. Muhammad Muqoddas  yang membidangi tabligh  tersebut, menurut Haedar, dikenal sebagai mubaligh dan tokoh Muhammadiyah memiliki kegigihan bertabligh dengan militansi tinggi.

“Dalam suasana kurang fit fisiknya tahun-tahun terakhir ini masih semangat tabligh ke daerah, bahkan ke daerah yang sangat jauh pun beliau tunaikan,” ucap Haedar ketika dihubungi pada Sabtu (22/7). Muhammad Muqoddas, kata Haedar, sering bilang ingin dipanggil Allah di kala bertabligh.

“Kemarin sore ketika saya jenguk di PKU masih sempat respons pasif, malah sempat mengeluarkan air mata ketika saya bisikkan nama ke beliau sambil berdo’a untuk kesembuhannya. Semoga beliau husnul khatimah,” tutur Haedar.

Mewakili keluarga, Busyro Muqoddas memohon kepada segenap kerabat dan masyarakat untuk memaafkan segala kesalahan almarhum selama hidupnya dan mohon didoakan semoga almarhum digolongkan sebagai hamba yang husnul khatimah.

Direncanakan, almarhum akan dimakamkan pada Ahad, 23 Juli 2017 jam 14.00, di Makam Gambiran, Umbulharjo Yogyakarta.

Muhammad Muqoddas dilahirkan di Yogyakarta pada 26 November 1948. Menjadi anggota Muhammadiyah sejak tahun 1971 dengan nomor anggota 459 170. Riwayat pendidikan ditempuh di SR Muhammadiyah Yogyakarta, Pesantren Modern Gontor Ponorogo Jawa Timur, Fakultas Adab IAIN Sunankalijaga Yogyakarta, Fakultas Dakwah Universitas Islam Madinah Arab Saudi, Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sehari-hari, Muhammad Muqoddas menjadi guru Bahasa Arab di Madrasah Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta, Dosen Bahasa Arab Fakultas Adab UIN Yogyakarta, Dosen Pendidikan Ulama Tajih UMY.

Adapun kiprah organisasi di antaranya tercatat sebagai Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Yogyakarta periode 1990-1995, Pembina Bidang Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2000-2005, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah 2005-2010. (Ribas)

Exit mobile version