Penerimaan ZIS PCM Cawas Meningkat

Penerimaan ZIS PCM Cawas Meningkat

CAWAS, Suara Muhammadiyah- Ketua LAZIZMU PCM Cawas, Kabupaten Klaten Suparno mengatakan, bahwa penerimaaan  ZIS (Zakat, Infaq, dan Shodaqoh) dari tahun ke tahun mengalami  peningkatan, baik peningkatan kuantitas muzakki mapun mustahiq. Demikian antara lain dikatakan Ketua LAZISMU PCM Cawas, Klaten Suparno pada acara , silaturahmi warga Muhammadiyah yang berlangsung di gedung IPHI setempat beberapa waktu lalu.

Hadir dalam acara tersebut  antara lain Muspika Cawas, Edi Sasongko (anggota DPRD Klaten), dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Lebih lanjut, Suparno mengatakan, bahwa silaturahmi warga Muhammadiyah Cawas, Klaten ini sebagai ajang pertemuan untuk mempererat persatuan dan kesatuan, serta ukhuwah Islamiyah khususnya warga Muhammadiyah, yang menjadi pilar penyokong peningkatan perolehan ZIS seiring dengan meningkatnya kesadaran untuk membersihkan harta benda.

“Sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap muzakki, Lazismu Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Cawas menyelenggarakan silaturahmi dengan warga Muhammadiyah dan juga sekaligus melaporkan  penghimpunan dan penyaluran dana zakat,infaq, shadoqoh (ZIS),” ujarnya

Dikatakan, secara umum, pada tahun 2016, LAZISMU Cawas telah mentasharufkan dana zakat sebesar 586.094.400 rupiah yang dihimpun dari 933 muzakki dan infaq. Sedangkan shadoqoh sebesar 10.350.000 rupiah.

Pada tahun 2017 mengalami kenaikan 15 persen dan telah mentasyarufkan sebesar 639.066.700 rupiah yang dihimpun dari 1022 muzakki. Infaq dan shodaqoh sebesar 7.825.000 rupiah disalurkan kepada guru-guru TPQ, dhuafa, fakir miskin konsumtif, fakir miskin produktif, ibnu sabil, dan ghorim. “Perolehan yang ditasyarufkan merupakan pungutan dari muzakki sejak 8  hingga 30 Juni 2017 yang melibatkan pemungut dari ranting-ranting dan  dapat mengumpulkan ZIS sebanyak 639.066.700 rupiah dan untuk infaq tersebut dimasukkan ke rekening infaq LAZISMU Cawas guna kebutuhan lainnnya seperti perawatan mobil ambulance layanan ummat,” lanjutnya.

Dengan meningkatnya perolehan ZIS saya dirinya mengucapkan banyak terimakasih kepada para pemungut dari ranting-ranting yang telah bekerja dengan ikhlas memungut dari para muzakki yang ada di Cawas.

“Selain itu saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para muzakki yang telah mempercayakan LAZISMU Cawas untuk mengelolanya. Semoga Allah  membalas dengan balasan yang lebih baik kepada pemungut dan muzakki. Sedangkan para penerima semoga bisa menggunakan dana tasyaruf tersebut untuk membantu mencerahkan kehidupan ekonomi dan aktivitas pendidikan, ujarnya,” tandasnya.

Dalam acara silaturakhim tersebut juga diisi tausiyah yang disampaikan oleh KH Jazuli Fadhill anggota Majlis Tabligh PDM Klaten. (Paimin JS)

Exit mobile version