PWA Jateng: Kiprah ‘Aisyiyah Klaten Perlu Dicontoh

PWA Jateng: Kiprah ‘Aisyiyah Klaten Perlu Dicontoh

KLATEN, Suara Muhammadiyah – Wakil Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jateng Khusnul Hayati mengapresiasi dan bangga dengan berdirinya gedung dakwah ‘Aisyiyah Kabupaten Klaten pada Ahad (23/7) di Kelurahan Tonggalan, Klaten Tengah, Klaten. Peresmian gedung dakwah ‘Aisyiyah yang dirangkai dengan gerak jalan bersamaan dengan Milad 1 abad ‘Aisyiyah  yang diikuti oleh ratusan warga ‘Aisyiyah se kabupaten Klaten tampak semarak.

Hadir dalam acara peresmian gedung dakwah ‘Aisyiyah PDA Klaten antara lain Ketua PP ‘Aisyiyah Lathifah Iskandar, Ketua PDM Klaten H Abdul Rodli, unsur PCA dan PRA  se-Kabupatan Klaten, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Lebih lanjut Khusnul Hayati mengatakan, bahwa kiprah  dakwah ‘Aisyiyah di Klaten perlu dicontoh, karena memiliki potensi yang luar biasa. Amal usaha yang begitu kompleks merupakan ladang amal jariyah untuk menggapai kemuliaan di masa depan. “Dengan dimotori Hj Siti Qomariyah dakwah ‘Aisyiyah Klaten maju apalagi masyarakat bersama Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah semakin berani untuk menyampaikan ajaran agama Islam yang murni,” ujarnya.

Dalam laporannya, Ketua PDA Klaten, Siti Qomariyah,  pihaknya melaporkan, bahwa Gedung Dakwah dua lantai dan Kantor PDA Klaten yang diresmikan ini mulai dibangun pada Agustus 2016. Gedung dibangun memanfaatkan tanah wakaf berupa dua rumah dari M Toyibi. Lantai bawah terdiri dari ruang sidang, administrasi, kedai, kantor majelis, gudang, mushalla, serta taman. Pada lantai II terdapat aula serta ruang transit.

“Pembangunan gedung ini memang banyak dinamika, salah satunya kendala yang dihadapi yakni persoalan dana pembangunan. PDA Klaten mengandalkan berbagai sumbangan seperti dari para dermawan serta  anggota ‘Aisyiyah. Total dana pembangunan mencapai 1,29  milyar. Sementara dana yang terkumpul berkisar 1,09 milyar,” imbuhnya.

Dua tahun yang lalu pihaknya menerima  amanah wakaf dua rumah. Pada Agustus 2015 mulai dibangun untuk satu rumah. “Proses pembangunan ini belum sempurna, lantaran masih terdapat hutang  sekitar  350 juta rupiah yakni untuk pinjaman material,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua PDM Klaten H Abdul Rodhi, SSos dalam sambutannnya, pihaknya juga mengapresiasi kiprah PDA Klaten di bawah kepemimpinan Hj Siti Qomariah, meski sudah usia lanjut, semangatnya masih menggebu-gebu seperti masih muda. Hal ini dibuktikan berbagai pembangunan dapat diselesaikan.

“RSIA baru saja selesai, melanjutkan pembangunan gedung dakwah ‘Aisyiyah. Sebelum memiliki gedung dakwah sendiri, dulu kantornya menempati di gedung Sierad menjadi satu dengan kantor PDM. Di sana ‘Aisyiyah menempati ruangan yang sangat sempit. Alhamdulillah sekarang sudah memiliki gedung baru yang representatif. Pergerakan dakwah Muhammadiyah bisa menjadi semakin besar juga karena kiprah ‘Aisyiyah,” ujarnya.

Exit mobile version