Ratusan Siswa SD Muhammadiyah Tonggalan Ikuti Pemeriksaan Kesehatan

Ratusan Siswa SD Muhammadiyah Tonggalan Ikuti Pemeriksaan Kesehatan

KLATEN, Suara Muhammadiyah- SD Muhammadiyah Tonggalan, Klaten Tengah menerima kunjungan rombongan tim Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Puskesmas Klaten Tengah pada Rabu (2/8). Kehadiran rombongan sebanyak tiga orang ini dalam rangka memeriksa kesehatan siswa SD Muhammadiyah Tonggalan.

Rombongan yang dipimpin yang dipimpin oleh Marsiti diterima langsung oleh Kepala Sekolah, Sihono beserta dewan guru. Usai menyampaikan maksud kedatangannya, Marsiti dan rombongan selanjutnya memeriksa kesehatan sekitar 104 anak.

Dalam kesempatan tersebut, Marsiti menyampaikan bahwa dalam rangka menjalankan program pemeriksaan kesehatan anak, Dinas Kesehatan telah membuat agenda penjaringan siswa baru baik tingkat SD, SMP, hingga SMA melalui Puskesmas untuk melakukan penjaringan kesehatan siswa.

“Saat ini merupakan awal kegiatan gelombang I untuk siswa SD yang diawali bulan Juli hingga bulan Agustus 2017 ini. Kemudian untuk SMP dan SMA pelaksanaanya sesudah SD,” ujarnya.

Adapun jenis pemeriksaan yang dilakukan meliputi 3 jenis  yakni pemeriksaan mata, pemeriksaan gigi, dan pemeriksaan telinga. Menurut Marsiti, ketiga organ tubuh yang diperiksa tersebut merupakan organ yang sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi manusia.

“Pada anak kelas I  dimungkinkan memiliki gejala matanya kurang baik untuk melihat. Mungkin orang tuanya tidak tahu, apa yang diderita anak tersebut. Dengan pengecekan penglihatan menggunakan panel huruf anak akan bisa diketahui anak tersebut mempunyai penyakit miyob atau tidak. Jika anak memiliki penyakit miyob (minus), maka anak tersebut akan dirujuk ke Puskesmas atau Poli mata untuk mendapatkan penanganan agar tidak meluas atau bertambah,” terangnya.

Pemeriksaan yang kedua, lanjutnya, adalah pemeriksaan gigi. Pemeriksaan gigi bertujuan untuk melihat sejauh mana proses pergantian gigi susu menjadi gigi dewasa. “Gigi susu yang goyah harus dicabut agar segera dapat gantinya yakni gigi dewasa,” imbuhnya (Paimin  JS).

Exit mobile version