Konvergensi Konten Penting Bagi Jaringan Media Muhammadiyah

Konvergensi Konten Penting Bagi Jaringan Media Muhammadiyah

SURABAYA, Suara Muhammadiyah- Konvergensi menjadi hal penting untuk bisa menghasilkan produk jurnalistik bagi syiar Muhammadiyah. Dengan konvergensi media, maka jaringan media Muhammadiyah bisa satu visi dalam membangun konten Islam Berkemajuan yang diusung Muhammadiyah.

Pentingnya konvergensi media ini seperti diungkapkan Imam Prihadiyoko dari MPI PP Muhammadiyah, yang menjadi narasumber acara workshop audiovisual dan konvergensi media yang digelar Lembaga Informasi dan Komunikasi (LIK) PW Muhammadiyah Jawa Timur, hari ini (12/8).

“Konvergensi media mensyaratkan seorang wartawan yang multitasking, bisa menulis berita, mengambil foto, dan rekaman streaming. Ini memang sangat berat, namun lebih efektif menghasilkan konten publikasi massif bagi khalayak,” demikian Imam, Sabtu (12/8) siang.

Bahkan, lanjutnya, konvergensi media masih perlu dimilikinya semua akun sosmed dan youtube untuk membangun jaringan media Muhammadiyah yang kuat.

Imam kemudian mencontohkan bagaimana portal menara62.com mampu eksis dan berkembang setahun terakhir. Ia bahka berharap portal media resmi milik PP Muhammadiyah ini nantinya bisa menjadi AUM tersendiri. Karena, katanya, media juga bisa menjadi kekuatan bisnis tersendiri bagi keberlangsungan dakwah Muhammadiyah.

Sebelumnya, dalam sambutannya wakil ketua PWM Jatim Dr Najib Hamid mengungkapkan bahwa Muhammadiyah berarti dakwah yang juga harus diperkuat siarnya.

“Bagaimana perkembangan teknologi komonikasi ini efektif bagi Muhammadiyah, maka inilah salah satu alasan mengapa digelar acara workshop hari ini,” demikian Najib, Sabtu (13/8).

Para fasilitator profesional yang sehari-hari banyak bergelut diproduksi media mainstream menjadi pembimbing workshop ini. Ratusan peserta mendapatkan banyak materi dan pengalaman teknis terkait audiovisual dan konvergensi media dan diajak bagaimana bisa menghasilkan produk jurnalistik secara utuh sekaligus bisa menyajikannya. (amin)

Exit mobile version