Tingkatkan Ekonomi Kreatif, UMSB Adakan Workshop UKM Go Online di Bukittinggi

Tingkatkan Ekonomi Kreatif, UMSB Adakan Workshop UKM Go Online di Bukittinggi

BUKITTINGGI, Suara Muhammadiyah – Upaya pengembangan ekonomi kreatif dan destinasi wisata, Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat mengadaka  Workshop UKM Go Online kepada 85 Usaha Kecil menengah di Hall Kantor Balaikota Bukittinggi, Jumat (11/8/2017)

Workshop ini diikuti para pelaku usaha kecil dan menengah sebanyak 85 orang. Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan itu adalah Headmaster OLX Academi Jakarta, Adez Aulia dan Novi Yanita.MM. Para Dosen Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Rektor UMSB Dra. Novelty. M.Hum mengatakan, “Saat ini dunia sudah terkesan tanpa memiliki batas jarak ruang dan waktu. Kapan saja, dimana saja berbagai aktivitas dapat dilakukan melalui media online. Sebut saja contohnya ketika kita akan melakukan perjalanan jauh, dahulu kita harus menunggu hari siang dijam kerja untuk membeli tiket pesawat ke kantor travel, namun sekarang kita dapat langsung memesan tiket pesawat melalui media online,” ucapnya.

Lanjutanya, Perkembangan sistem teknologi informasi ini tentu perlu dimanfaatkan oleh para pelaku usaha kecil dan menengah agar dapat bersaing dalam usaha meningkatkan produksi dan penjualan produk. “Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kerjasama kita dengan pihak industri sebagai bentuk dukungan untuk pengembangan ekonomi kreatif di Sumatera Barat,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga kota Bukittinggi yang diwakili Kepala Bidang Promosi Pariwisata Ekonomi Kreatif Dra Hj Suzi Yanti MM menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai wujud kerjasama unsur pentahelix dalam pengembangan pariwisata.

“Perkembangan pariwisata saat ini bergerak lurus dengan pertumbuhan ekonomi kreatif sebagai salah satu sub sektor pengembangan destinasi wisata. Untuk itu pihaknya mempunyai peran strategis dalam turut serta mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif,” tuturnya.

Sedangkan penyelenggara kegiatan itu Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Moch Abdi SE MM, mengucapkan terimakasih kepada OLX Academi Jakarta yang telah memberikan kepercayaan kepada Fakultas Pariwisata UMSB sebagai mitra dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Selanjutnya Abdi juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga yang telah bekerjasama untuk terselenggaranya kegiatan ini.

Abdi menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan para pelaku ekonomi kreatif tentang bagaimana menjalankan usaha melalui media online, kemudian melakukan praktek membuat foto produk menjadi menarik serta praktek langsung bagaimana cara melakukan pemasaran produk secara online. (RI)

Exit mobile version