FIP UMJ Gelar Kuliah Umum Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing

FIP UMJ Gelar Kuliah Umum Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing

JAKARTA, Suara Muhammadiyah-Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesian (PBSI) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ) menggelar kuliah umum bertajuk “Wawasan Kebangsaan dalam Pembelajaran BIPA”, Selasa (13/3/2018), di Gedung Pascasarjana Lantai 3 Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Kuliah umum menghadirkan Dr Liliana Muliastuti, MPd Selaku Ketua Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) sebagai pembicara kunci, Wakil Dekan 2 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ) Ayahanda Dr Ahmad Susanto, MPd. dan Ibunda Khaerunnisa, MPd selaku Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ).

Dalam sambutannya, ayahanda Dr Ahmad Susanto, mengatakan kuliah umum dengan tema wawasan kebangsaan dalam pembelajaran BIPA sangat penting karena berkaitan dengan cara pandang kita tentang bangsa kita sendiri.

“secara otomatis BIPA sebagai ajang promosi bangsa kita ke pihak asing, karenanya adik-adik mahasiswa harus menjadi pionir untuk pembelajaran BIPA” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Kaprodi PBSI Ibunda Khaerunnisa, MPd mengatakan pembelajaran BIPA bukan hanya mengajarkan bahasa Indonesia tetapi kita akan memperkenalkan budaya yang ada di nusantara ke pihak asing.

Sementara itu, dalam acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UMJ dan Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA). [Andi U Lenamah]

 

Exit mobile version