PP Muhammadiyah Terima Kunjungan Dubes Amerika

PP Muhammadiyah Terima Kunjungan Dubes Amerika

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr Haedar Nashir, MSi menerima kunjungan Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia Joseph R. Donovan Jr, Jum’at (23/3). Keduanya membahas berbagai hal diantaranya perkembangan permasalahan sosial di Indonesia, Timur Tengah, dan Myanmar hingga kerjasama kedepannya.

Dalam pertemuan di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta tersebut Kedubes AS dan PP Muhammadiyah menegaskan untuk memaksimalkan perannya bagi kemaslahatan umat. Melalui kunjungan tersebut Donovan menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Muhammadiyah dalam bekerjasama dengan berbagai lembaga dari Amerika Serikat, terutama pada bidang kesehatan ibu, anak dan perbaikan gizi.

Menurutnya, sambutan dan diskusi yang dilakukan dengan jajaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah seperti Haedar Nashir, Abdul Mu’ti, dan Agung Danarto berjalan sangat baik. “Diskusi yang bagus, terutama untuk berkerjasama meningkatkan pengenalan pada nilai-nilai toleransi, penghormatan kepada minoritas, hak asasi manusia dan kemoderatan,” imbuhnya.

Sementara itu, Muhammadiyah mengajak Amerika Serikat lebih aktif lagi dalam berperan mewujudkan perdamaian di Timur Tengah, termasuk mengusulkan kembali solusi dua negara bagi Palestina dan Israel. Selain itu, Muhammadiyah juga meminta Amerika Serikat untuk menekan pemerintah Myanmar agar tidak melakukan pembersihan etnis Rohingya.

Kemudian menanggapi keberhasilan dan kerjasama yang positif antara Muhammadiyah dan Kedubes AS, kedepannya dapat dilanjutkan. Muhammadiyah mengusulkan kepada Duta Besar Amerika Serikat untuk membuka peluang beasiswa bagi dosen dan guru di lembaga pendidikan Muhammadiyah untuk dapat belajar di Amerika Serikat. (ppmuh/rizq)

Exit mobile version