Semarak Milad 1 Abad SD Mukarta

Semarak Milad 1 Abad SD Mukarta

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah– SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta (Mukarta) tengah mempersiapan rangkaian kegiatan guna menyemarakan peringatan miladnya ke-100 tahun. Semarak peringatan milad 1 abad itu, Fajar Kurnia Aji Ketua Panitia memaparkan, akan berlangsung mulai Mei 2018 hingga puncaknya pada November 2018. “Puncaknya nanti 13 November 2018,” terangnya saat berkunjung ke Grha Suara Muhammadiyah, Jum’at (20/4).

Di antara kegiatannya, Fajar menyebutkan, lomba tartil Qu’an tingkat TK dan SD se-pulau Jawa, kreasi budaya dalam bentuk pentas seni, pameran lukisan, pameran kaligrafi dan workshop pendidikan bagi guru kaligrafi, syawalan alumni, berbagi qurban dan bakti sosial sekaligus pembagian 1000 sembako, seminar nasional yang rencananya mendatangkan Mendikbud RI Muhadjir Effendy, puitisasi Al-Qu’an dalam bahasa Jawa, dan tabligh akbar oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. Sedang puncaknya, lanjutnya, akan dilangsungkan di sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). “Pada acara puncak kami undang dari unsur pimpinan pusat, wilayah, daerah, hingga cabang dan ranting, serta seluruh keluarga besar Mukarta beserta alumni,” imbuh Fajar.

Kepala SD Mukarta 2 Suhardi menambahkan, banyaknya kegiatan berbau seni dan budaya pada peringatan milad 1 abad ini, karena ingin menjadikan seni dan budaya sebagai ciri khas sekolah sekaligus program unggulannya. Sebab, Suhardi mengatakan, pada seni budaya terdapat nilai-nilai dasar pendidikan karakter. Seperti di antaranya, ia mencontohkan, nilai keagamaan, kejujuran, percaya diri, dan nasionalisme. “Seni budaya adalah branding Mukarta,” harapnya.

Pada pertemuan pagi itu, Suhardi juga menyampaikan bahwa sekolah telah memiliki unit bisnis yang sudah berjalan dengan penghasilan yang baik, yaitu Mukarta Mart. Luasnya kisaran 80 m2 dan berada di lingkungan sekolah. “Harapannya dengan unit bisnis itu, sekolah kami tidak terus menerus mengandalkan SPP. Bisa jadi, jika usaha kita maju, sekolah kami gratis (tidak ada SPP) untuk umum,” ucapnya.

Turut menemani Suhardi dan Fajar,  Buwang Mujiasih Kepala SD Mukerta 1 serta Jati F Atmaja Wakil Kepala Sekolah Bidang Personalia. (gsh)

Exit mobile version