PP Muhammadiyah Lantik Rektor UMSU Periode Ketiga

PP Muhammadiyah Lantik Rektor UMSU Periode Ketiga

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Ketua Majelis Dikti dan Litbang PP Muhammadiyah Prof Dr Lincolin Arsyad melantik Dr Agussani MAP menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Periode 2018-2022, Kamis (3/5).

Pelantikan dihadiri Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr Haedar Nashir dan unsur PP Muhammadiyah lainnya seperti Prof Dr Suyatno, Marpuji Ali, dan Dr Agung Danarto.

Hadir juga Pejabat Forum Komunikasi Pemerintahan Daerah, Para Rektor, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, ‘Aisyiyah Sumatera Utara dan mitra UMSU.

Dr Haedar Nashir mengatakan, pengangkatan Dr Agussani menjadi rektor untuk ketiga kalinya menjadi pertimbangan khusus PP Muhammadiyah. Menurutnya Agussani memiliki tugas untuk menyukseskan Program re-Akreditasi A dan menjadikan UMSU sebagai pusat keunggulan.

Seluruh PTM yang ada, lanjut Haedar, diharapkan menjadi kekuatan Muhammadiyah untuk memajukan anak bangsa. Gerak Kemajuan Muhammadiyah tersebut terus dikembangkan dengan dibangunnya fasilitas pendidikan di Melbourne (Australia),  Mesir  dan Malaysia.

Selanjutnya juga Haedar Nashir berharap UMSU dapat menjadi pusat excellence di Pulau Sumatera. “Bangsa yang maju dan modern adalah bangsa yang menjadikan pendidikan prioritas utama,” katanya.

Untuk itu, masih menurut Haedar, Indonesia harus menjadikan pembangunan kualitas pendidikan untuk dapat menyiapkan bangsa yang berkarakter.

Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto membacakan SK PP Muhammadiyah tentang pengangkatan Rektor UMSU.

Usai dilantik, Dr Agussani MAP menyampaikan janji pelantikan yang berisi lima butir janji, diantaranya; Menjunjung tinggi petunjuk Allah sesuai Al Quran dan Sunnah; Mematuhi perundang-undangan dan ketentuan  yang berlaku di perguruan tinggi; Berpedoman pada garis-garis persyarikatan yang tertuang pada muqaddimah AD Muhammadiyah; Menegakkan prinsip Musyawarah dan mendahulukan kemashlahatan umat dan Membina semangat kebersamaan dan menjalin kerjasama dengan persyarikatan Muhammadiyah.

Pada kesempatan pelantikan itu Ketua Kopertis I Prof Dr Dian Armanto menegaskan, UMSU memiliki berbagai keunggulan dibanding PTS lainnya. “Saya bangga dengan UMSU,” kata Dian.

Dian berharap UMSU dapat menyusun Renstra Universitas hingga tahun 2045 dan Menjadikan UMSU untuk semua warga Sumatera Utara.

Dalam Pelantikan itu juga Bank Syariah Mandiri menyerahkan bantuan satu mobil kepada UMSU.(syaifulh/rizq)

Exit mobile version