Lulusan UMSU Harus Menjadi Cendekia Bangsa dan Beri Solusi Persoalan Masyarakat

Lulusan UMSU Harus Menjadi Cendekia Bangsa dan Beri Solusi Persoalan Masyarakat

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mewisuda 3.310 magister, dokter, sarjana dan ahli madya. Wisuda berlangsung di Santika Dyandra Convention Hall, Medan, Senin (7/5).

Hadir Wakil Ketua Majelis Dikti dan Litbang PP Muhammadiyah Prof Dr Edy Suandi Hamid, MEc dan seorang tokoh masyarakat Sumatra Utara yang putrinya diwisuda, Letjen Purn Edy Rahmayadi, Wakil Ketua PWM Sumut Prof Ibrahim Gultom, Ketua PW Aisyiyah Sumut Hj Elynita dan Pengurus BPH UMSU Dalail Ahmad dan Baril Datuk.

UMSU memiliki 8 Fakultas dengan 26 program studi dan Pascasarjana dengan 8 program studi. Dengan Akreditasi intitusi ‘B’ UMSU sudah memiliki 7 program studi terakreditasi ‘A’. Jumlah prodi terakreditasi A akan terus bertambah seiring dengan proses re-Akreditasi.

Dari 3.419 wisudawan, maka Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) menyumbang wisudawan terbanyak yakni 1.154 wisudawa menyusul FKIP 894 wisudawan. Wisuda pertama tahun 2018 ini, UMSU juga mewisuda 148 dokter.

Rektor UMSU Dr. Agussani MAP yang mewisuda 3.419 magister, dokter, sarjana dan  ahli madya meminta kepada wisudawan untuk memberi darma baktinya untuk bangsa negara.

Baca juga: PP Muhammadiyah Lantik Rektor UMSU Periode Ketiga

Kata Agussani tantangan yang dihadapi semakin berat karena sebagai akedemisi memiliki peran untuk mengubah pola pikir masyarakat. Untuk itu jelas Agussani, UMSU memberi perhatian pada pendidikan yang berkarakter.

Prof Dr Edy Suandi Hamid

Sementara itu Wakil Ketua Majelis Dikti dan Litbang PP Muhammadiyah Prof Dr Edy Suandi Hamid mengatakan perkembangan UMSU sangat menggembirakan. Menyinggung tentang akreditasi institusi UMSU, Edy optimis UMSU mampu meraih akreditasi ‘A’.

Kepada para wisudawan, Ia meminta agar menjadi cendekia bangsa yang mampu memberi perubahan. Sebagai pemikir, mereka harus menjadi pemberi solusi persoalan masyarakat bukan pembuat masalah. Selain itu, menyinggung tentang kondisi Indonesia saat ini seperti kemiskinan dan tingginya angka pengangguran. Untuk itu, Edy meminta agar alumni UMSU dapat menjadi enterpreneur.

Pelaksanaan wisuda dilakukan selama tiga hari 7 – 9 Mei 2018. Hari pertama diwisuda 1.107 orang, hari kedua 1.079 orang dan hari ketiga 1.124 orang. UMSU kini menjadi PTM terbesar di Sumatera dengan mahasiswa mencapai 22 ribu orang. Dengan motto Unggul, Cerdas dan Terpercaya UMSU kini fokus melaksanakan program internasionalisasi kampus dengan menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri.(syaifulh/rizq)

Baca juga: Kampus Terapung Milik UM Banjarmasin Diresmikan

Exit mobile version