Haedar Nashir: Dosen Berperan Penting Wujudkan Lulusan Bermutu

Haedar Nashir: Dosen Berperan Penting Wujudkan Lulusan Bermutu

PONOROGO, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) memasuki usia 32 tahun, diharapkan di usia tersebut UMPO dapat menjadi pilar yang membangun peradaban pendidikan di tanah air dengan dukungan dari mahasiswa dan tenaga pendidik yang pro aktif menggelorakan kemajuan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr Haedar Nashir, MSi saat meresmikan Gedung Laboratorium sekaligus peletakan batu pertama Auditorium Serba Guna UMPO, Selasa (8/5/2018). Ia mengatakan bahwa, dosen harus bisa menjadi pendidik untuk menghasilkan lulusan bermutu dan berdaya saing.

“Dosen jangan hanya menjadi pengajar, namun juga harus mampu menjadi pendidik, jika jiwa pendidik itu muncul, maka akan hadir tanggung jawab untuk melahirkan lulusan yang bermutu dan berdaya saing,” tutur Haedar.

Selain itu, Haedar juga meresmikan lima program dari Muhammadiyah Ponorogo yaitu, Masjid Shirotul Jannah (Ranting Ronowijayan Siman Ponorogo), Launching ‘Airmu’ (Koperasi Garda Umat Majelis Ekonomi PDM Ponorogo), Musholla Al-Furqon (Ranting Plalangan Jennagan Ponorogo), Kantor dan Ruang Kelas Madrasah Diniyah (Ranting Muhammadiyah Plalangan Jenangan Ponorogo), dan AULA ‘Avicenna’ (SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo).

Baca juga: Haedar Nashir: Di Usia yang Baru 2 Tahun UMB Telah Mampu Menjadi Contoh

Rektor UMPO Dr Sulton, MSi mengatakan laboratorium terpadu yang baru saja diresmikan Ketua Umum PP Muhammadiyah tersebut terdiri dari 5 lantai diperuntukkan untuk pusat laboratorium 21 program studi yang ada di UMPO. Salah satunya yaitu laboratorium ilmu kesehatan yang didesign seperti mini rumah sakit.

Rencananya, lanjut Sulton, di lantai 5 laboratorium tersebut akan diperuntukkan untuk laboratorium ilmu falak yang digunakan oleh Fakultas Agama Islam dalam rangka perhitungan penanggalan hijriyah. Diharapkan dengan adanya fasilitas itu sebagai upaya mencetak para lulusan yang berdaya saing tinggi.

Kemudian Sulton menyampaikan selain peningkatan fasilitas penunjang sarana dan prasarana, saat ini UMPO telah banyak melakukan akselerasi baik dalam peningkatan mutu pendidikan dan Sumber Daya Manusia (SDM). Menurutnya, dalam aspek kelembangaan, UMPO terus mendorong pengembangan dan memposisikan diri sebagai kampus terbaik di Jawa Timur dan pada aspek tata kelola terus mendongkrak sistem penjaminan mutu berbasis digital.(ppmuh/rizq)

Baca juga: Haedar Nashir: Lulusan Mu’allimaat harus jadi Kader yang Cerdas, Unggul, dan Berkarakter

Exit mobile version