Haedar Nashir Resmikan Kampus III Universitas Muhammadiyah di Pulau Buton

Haedar Nashir Resmikan Kampus III Universitas Muhammadiyah di Pulau Buton

foto: ppmuh

BUTON, Suara Muhammadiyah – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir meresmikan gedung kampus III Universitas Muhammadiyah Buton dan  gedung dakwah Muhammadiyah Baubau, pada Selasa (15/5).

Pada kesempatan itu, Haedar mengajak warga Muhammadiyah dalam menyambut bulan suci ramadhan ini dengan melakukan mi’raj ruhaniyah. “Dalam menjalankan puasa Ramadhan kuatkan tekad dan ikhtiar untuk mewujudkan sikap taqwa sebagai tujuan utama berpuasa, sehingga puasa Ramadhan tidak berhenti pada formalitas dan menunaikan rukun semata,” tutur Haedar.

Puasa dan ibadah Ramadhan, menurutnya, merupakan proses perubahan perilaku menuju perilaku ihsan  atau kebajikan utama yang membentuk keshalehan individual dalam ranah pribadi dan keshalehan sosial dalam kehidupan kolektif.

“Jadilah insan muslim yang selalu mengedepankan segala yang ma’ruf (baik) dan terhindar dari segala yang munkar (buruk) dalam segala bentuknya menuju kebahagiaan hakiki di dunia dan akhirat kelak. Wujudkan berbagai amal Islami yang membawa pada kebaikan, kedamaian, kemajuan, dan kebahagiaan  hakiki dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa, dan relasi antarumat manusia universal,” kata Haedar.

Haedar berharap, Ramadhan hendaknya dijadikan momentum membentuk dan memperkuat karakter diri setiap muslim dan warga bangsa yang uswah hasanah atau bersuri-teladan yang baik. “Utamakan uswah hasanah dalam bertutur kata dan menyampaikan ujaran-ujaran serta tindakan-tindakan yang membawa ketenangan, kedamaian,  persaudaraan, kerukunan, kebersamaan, kasih sayang, toleransi, kesabaran, saling memuliakan, dan menjujung-tinggi keadaban utama,” imbuh Haedar.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Buton, Suriadi menyampaikan, gedung yang baru diresmikan ini akan diperuntukkan untuk tempat perkuliahan bagi Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Hukum. Selain itu, gedung ini juga akan difasilitasi dengan Bursa Efek Indonesia.

Rektor berharap, perkembangan dan pembangunan gedung ini sebagai simbol yang menambah kepercayaan masyarakat kepada UM Buton. “Dari tahun ke tahun kepercayaan masyarakat terhadap UM Buton semakin meningkat, hal ini dapat dilihat dari jumlah mahasiswa yang setiap tahunnya terus bertambah,” ungkapnya. (ppmuh/ribas)

Exit mobile version