Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan Membangun Kompetensi Masyarakat dan Memajukan Kawasan

Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan Membangun Kompetensi Masyarakat dan Memajukan Kawasan

PADANG SIDEMPUAN, Suara Muhammadiyah – Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr Abdul Mu’ti, Med melantik Rektor Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS), Dra Muksana Pasaribu MA,  Rabu (23/5). Muksana dipercaya untuk memimpin UMTS untuk periode kedua tahun 2018-2022.

Dalam sambutannya Abdul Mu’ti berpesan agar Perguruan Tinggi  memiliki peran yang sangat strategis ditengah  masyarakat. “Dunia telah berubah dari era kompetisi menjadi era kooperatif. Dunia hari ini adalah dunia aliansi atau dunia kerjasama. Perkembangan PTM kedepan hanya bisa berkembang dengan aliansi-aliansi dan jejaring, baik di dalam maupun di luar negeri,” kata Mu’ti.

Selanjutnya, Mu’ti menjelaskan tentang skenario kerjasama yang sedang dilakukan PP Muhammadiyah dengan berbagai perguruan tinggi di belahan dunia. “UMTS harus ikut dalam pusaran besar yang sedang dilakukan PP Muhammadiyah,” tegas Mu’ti. Ia juga meminta PTM harus harus mampu menjadi digital university, yakni kampus yang mampu menggapai masa depan.

Sementara itu, Walikota Padang Sidempuan Sarmadan mengatakan Prestasi UMTS tidak perlu diragukan lagi. Menurut Sarmadan, peran UMTS dalam membangun kompetensi masyarakat menjadi penting dalam memajukan kawasan Tapanuli Bagian Selatan.

Baca juga: Lulusan UMSU Harus Menjadi Cendekia Bangsa dan Beri Solusi Persoalan Masyarakat

Rektor UMTS yang dilantik, Muksana Pasaribu menyampaikan akan membawa UMTS menjadi lebih baik. Kader Aisyiyah dari Tapanuli Tengah dan alumni 1993 itu menuturkan, selain meningkat nilai akreditasi beberapa fakultas, ia pun berkomitmen untuk membangun kampus UMTS yang lebih baik.

UMTS kini menjadi salah satu perguruan tinggi kebanggaan Muhammadiyah Sumatra Utara setelah UMSU. Muhammadiyah Sumut memiliki tiga perguruan tinggi lainnya, dua di Kisaran dan satu di Sibolga.

UMTS saat ini memiliki enam fakultas dengan 16 Program Studi. UMTS memiliki diakreditasi institusi ‘B’ dari BANPT dengan lebih dari 6000 mahasiswa.

Pelantikan tersebut dihadiri olek Ketua Kopertis I dan Kopertais IX Sumatera Utara, Wakil Ketua PWM Sumut, Ketua PW ‘Aisyiyah Sumut, Walikota Sibolga, serta Pimpinan beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Sumatera Utara.

Serangkaian pelantikan Rektor UMTS itu juga berlangsung Focus Group Discussion dengan tema Optimalisasi Dana Instutusi bersama Bendahara PP Muhammadiyah Drs Marpuji Ali MSi.(syaifulh/rizq)

Baca juga: Jaga Tradisi Berprestasi, UAD Berikan Beasiswa Kepada 713 Mahasiswa

Exit mobile version