Launching SBMPTM, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa yang Berkemajuan

Launching SBMPTM, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa yang Berkemajuan

SBMPTM ID

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah (SBMPTM) akan digelar serentak di 12 (dua belas) PTM yang tersebar di seluruh Indonesia. Tujuannya, agar di tahun-tahun mendatang PTM mendapatkan input yang baik, lulusan yang berkualitas, berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan citra baik Persyarikatan Muhammadiyah.

Hal tersebut disampaikan Ketua Penyelenggara SBMPTM 2018 Gunawan Budianto Gunawan Budianto dalam launching di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Ahad (27/5). Menurut Gunawan, pada periode ini Program Studi yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa adalah Pendidikan Dokter dan akan diperluas prodi-prodi lain di periode berikutnya

SBMPTM merupakan seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang diinisiasi oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Baca juga: Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah Akan Digelar Serentak

Sejumlah PTM yang akan melaksanakan SBMPTM, ungkap Gunawan, antara lain Universitas Ahmad Dahlan (UAD),  Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Unismuh Makasar, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Muhammadiyah Palembang, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Muhammadiayh Semarang (Unimus), Unmuh Surabaya, UMSU, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kemudian, Gunawan menjelaskan pendaftaran SBMPTM dilaksanakan secara online yang dimulai setelah peluncuran SBMPTM dan berakhir pada 19 Juli. “Selain itu, ujian serentak akan dilaksanakan pada 22 Juli 2018 dengan sistem ujian CBT. Kami sudah menyiapkan sekitar 1600 buah komputer untuk tes CBT nanti,” tandasnya.(ppmuh/rizq)

Baca juga: Haedar Nashir: Keadaban Digital Alami Peluruhan, Dakwah Komunitas Virtual Harus Menjadi Perhatian

Exit mobile version