MPM PP Muhammadiyah Buka Bersama Dampingan

MPM PP Muhammadiyah Buka Bersama Dampingan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah menggelar Pengajian dan Buka Puasa Bersama serta Pemberian Bingkisan Ramadhan bagi komunitas Dampingan MPM PP Muhammadiyah. Acara yang berlangsung pada Ahad (3/6) itu turut dihadiri anggota DPD RI, Afnan Hadikusumo yang didaulat mengisi tausyiah.

Ketua MPM PP Muhammadiyah, M. Nurul Yamin mengatakan, MPM terus berupaya melakukan peningkatan kualitas individu masing-masing binaan MPM. Mereka terus didampingi untuk menuju individu yang mandiri dan berdaya.

“MPM dalam melakukan pendampingan terus memperhatikan peningkatan keterampilan para dampingan, agar secara personal memiliki kemandirian pribadi yang kokoh,” ujar Yamin di Kantor PP Muhammadiyah Jalan Cik Ditiro Yogyakarta.

Selain itu, Yamin juga menyampaikan pentingnya penguatan kelompok atau sosial dampingan yang fokus pada dakwah jamaah. “Dengan kekuatan kelompok itu maka kemandirian kita dapat meningkat,” imbuh Yamin.

Sementara itu, Ketua Lazismu DIY, Cahyono mengatakan, Muhammadiyah ke depan akan tampil lebih dekat lagi dengan semua lapisan masyarakat. Terutama yang berada dalam kelompok menengah bawah.

Hal itu sebagai komitmen Muhammadiyah untuk terus membumikan al-Maun dalam kehidupan. “Karena Muhammadiyah akan terus berkomitmen memberi  pola pendampingan dan pemberdayaan dan mewujudkan cita-cita kemadirian masyarakat,” tutur Cahyono.

Terdapat 200 orang dampingan MPM yang hadir dalam acara tersebut, yang terdiri dari kelompok dampingan abang becak PABELAN, kelompok dampingan pemulung MARDIKO, kelompok dampingan Asongan Surya Mandiri, kelompok dampingan UKM Sedyo Maju Ngoro-oro Gunungkidul, UKM Guyub Makmur Bantul dan UKM Pusaka Mulia Kokap Kulon Progo, kelompok dampingan Difabel (Ikatan Disabilitas Purworejo (IDP), Ikatan Disabilitas Ngaglik, Ikatan Disabilitas Kota Yogyakarta, Ikatan Difabilitas Bantul, dan HWDI, serta kelompok Jama’ah Tani Muhammadiyah (JATAM) PDM Sleman. (ppmuh/rbs)

Exit mobile version