Jamaah Haji Muhammadiyah Peringati HUT Kemerdekaan RI di Mekah

Jamaah Haji Muhammadiyah Peringati HUT Kemerdekaan RI di Mekah

MEKAH, Suara Muhammadiyah-Momen peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia juga berlangsung di berbagai belahan dunia yang diadakan oleh diaspora dan atau warga Indonesia yang ada di luar negeri. Termasuk di tanah suci Mekah al-Munawwarah.

Adalah para Jamaah Haji KBIH ‘Aisyiyah Kota Yogyakarta yang tergabung dalam Kloter 23 SOC Solo, di tengah-tengah kesibukan mempersiapkan diri menyongsong ibadah tarwiyah, tetap bersemangat menyelenggarakan peringatan HUT RI ke-73, pada Kamis waktu setempat, 16 Agustus 2018.

Dalam rangkaian acara yang bertempat di mushola Hotel Jawahrat Al-Abead, Syisyah, Mekah, itu juga diadakan pengajian dengan topik “Revitalisasi Nilai-nilai Haji bagi Indonesia Berkemajuan.” Pengajian ini berusaha merefleksikan makna kemerdekaan bagi perjalaan bangsa Indonesia.

Ketua Kafilah Haji Muhammadiyah/Aisyiyah DIY yang juga Wakil Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah Yusuf Abdul Hasan menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memupuk nasionalisme. “Kegiatan ini tidak hanya bertujuan memupuk semangat bela dan cinta NKRI, juga sekaligus mengobati rasa rindu mereka kepada sanak-saudara dan kampung halaman,” ungkapnya.

Tidak hanya pengajian, para jamaah haji ini pada keesokan harinya, tepatnya 17 Agustus, mengadakan parade yang mengumandangkan lagu-lagu perjuangan bangsa di halaman hotel. Inilah salah satu wujud cinta tanah air dari para jamaah haji Muhammadiyah yang sedang memenuhi panggilan sebagai tamu Allah di Arab Saudi. (yusuf/ribas)

 

Exit mobile version