• Tentang SM
  • Disclaimer
  • Redaksi
  • Media Siber
  • Term & Condition
  • Privacy Policy
  • Hubungi Kami
Senin, Desember 15, 2025
Suara Muhammadiyah
No Result
View All Result
  • Login
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
No Result
View All Result
suaramuhammadiyah
No Result
View All Result

Era 4.0, Humas Sekolah Harus Manfaatkan Kecepatan Informasi

Suara Muhammadiyah by Suara Muhammadiyah
29 September, 2018
in Berita
Reading Time: 1 min read
A A
0
Era 4.0, Humas Sekolah Harus Manfaatkan Kecepatan Informasi
Share

Pada era marketing 4.0, penyebaran informasi begitu cepat. Bahkan dalam waktu 0-6 jam pascakegiatan, informasi sudah beredar luar di media sosial maupun cetak. Oleh karena itu, humas atau public retaions (PR) bisa memanfaatkannya.

Manajer Humas petrokimia Gresik (Persero), Muhammad Ihwan Fahrurozi, SP, Msi, mengemukakan bahwa hal itu dalam kegiatan Public Relations Training yang diadakan oleh Majelis Dikdasmen PCM GKB Gresik di  Aula SD Muhammadiyah 2 GKB, Sabtu (22/9/18).

Baca Juga

Deni Asy’ari Tekankan Relevansinya Mengonsolidasikan Gerakan Ekonomi Berjamaah

Muhammadiyah Kritik DPR Langgar Keputusan MK

Ihwan menjelaskan bahwa marketing 4.0 adalah kelanjutan dari perkembangan era-era marketing sebelumnya. Keunggulan model marketing ini adalah berfokus pada product oriented (orientasi pada produk). Dalam tahap ini spesifikasi, desain, dan fungsi produk menjadi orientasi marketing.

Berbeda dengan marketing 2.0, menurutnya, ciri utamanya adalag consumer oriented. Model marketingnya berfokus pada fungsional produk dan emosional konsumen.

“Pada era ini bagaimana membuat konsumen loyal,” ujarnya, bapak dua anak tersebut.

Pada tahap ketiga adalah marketing 3.0 yang berciri khas value drive, berorientasi pada nilai-nilai universal. Di era ini, tambah Ihwan, marketing berfokus pada fungsional produk, emosional konsumen, dan spiritual. Pada era ini teknologi sudah dipakai sebagai langkahnya.

Perkembangan terakhir menurut Ihwan adalah marketing 4.0. Model marketing ini adalah penerapan teknologi digital.

“Di era ini, marketing sudah melakukan kombinasi online dan offline dalam memasarkan produknya,” paparnya.

Proses penyebaran, menurutnya, bisa langsung. 0-6 jam pascakegiatan, informasi segera bererdar di macromedia dan radio, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, Line, Youtube.

Dalam pelatihan yang mengangkat tema Uplift Marketing yang diikuti 45 humas 4 sekolah dalam naungan Majelis Dikdasmen PCM GKB (SD Muhammadiyah 1 GKB, SD Muhammadiyah 2 GKB, SMP Muhammadiyah 12 GKB, dan SMA Muhammadiyah 10 GKB) mengupas strategi jitu bagaimana mem-brainding sekolah dengan cara yang tepat dan mengena.

“Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan value dan performance Humas dan PR 4 sekolah agar bisa berperan aktif dalam kemajuan sekolah,” kata Ulyatun Nikmah, SPd, ketua kegiatan, pada sambutannya. (Ichwan Arif)

 

Tags: muhammadiyahrevolusi 4.0Sekolah
Suara Muhammadiyah

Suara Muhammadiyah

Related Posts

Deni Asy’ari Tekankan Relevansinya Mengonsolidasikan Gerakan Ekonomi Berjamaah
Berita

Deni Asy’ari Tekankan Relevansinya Mengonsolidasikan Gerakan Ekonomi Berjamaah

28 September, 2024
Prof Dr Abdul Mu'ti
Berita

Muhammadiyah Kritik DPR Langgar Keputusan MK

22 Agustus, 2024
Tingkatkan Taraf Hidup Rakyat, Muhammadiyah MoU dengan BCA Syariah
Berita

Tingkatkan Taraf Hidup Rakyat, Muhammadiyah MoU dengan BCA Syariah

2 Juli, 2024
Next Post
SM Terbitkan Kalender 2019 Bertema AUM Berusia Satu Abad

SM Terbitkan Kalender 2019 Bertema AUM Berusia Satu Abad

Please login to join discussion
  • Kotak Pos
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Pedoman Media

© SM 2021

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora

© SM 2021

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In