Era 4.0, Humas Sekolah Harus Manfaatkan Kecepatan Informasi

Era 4.0, Humas Sekolah Harus Manfaatkan Kecepatan Informasi

Pada era marketing 4.0, penyebaran informasi begitu cepat. Bahkan dalam waktu 0-6 jam pascakegiatan, informasi sudah beredar luar di media sosial maupun cetak. Oleh karena itu, humas atau public retaions (PR) bisa memanfaatkannya.

Manajer Humas petrokimia Gresik (Persero), Muhammad Ihwan Fahrurozi, SP, Msi, mengemukakan bahwa hal itu dalam kegiatan Public Relations Training yang diadakan oleh Majelis Dikdasmen PCM GKB Gresik di  Aula SD Muhammadiyah 2 GKB, Sabtu (22/9/18).

Ihwan menjelaskan bahwa marketing 4.0 adalah kelanjutan dari perkembangan era-era marketing sebelumnya. Keunggulan model marketing ini adalah berfokus pada product oriented (orientasi pada produk). Dalam tahap ini spesifikasi, desain, dan fungsi produk menjadi orientasi marketing.

Berbeda dengan marketing 2.0, menurutnya, ciri utamanya adalag consumer oriented. Model marketingnya berfokus pada fungsional produk dan emosional konsumen.

“Pada era ini bagaimana membuat konsumen loyal,” ujarnya, bapak dua anak tersebut.

Pada tahap ketiga adalah marketing 3.0 yang berciri khas value drive, berorientasi pada nilai-nilai universal. Di era ini, tambah Ihwan, marketing berfokus pada fungsional produk, emosional konsumen, dan spiritual. Pada era ini teknologi sudah dipakai sebagai langkahnya.

Perkembangan terakhir menurut Ihwan adalah marketing 4.0. Model marketing ini adalah penerapan teknologi digital.

“Di era ini, marketing sudah melakukan kombinasi online dan offline dalam memasarkan produknya,” paparnya.

Proses penyebaran, menurutnya, bisa langsung. 0-6 jam pascakegiatan, informasi segera bererdar di macromedia dan radio, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, Line, Youtube.

Dalam pelatihan yang mengangkat tema Uplift Marketing yang diikuti 45 humas 4 sekolah dalam naungan Majelis Dikdasmen PCM GKB (SD Muhammadiyah 1 GKB, SD Muhammadiyah 2 GKB, SMP Muhammadiyah 12 GKB, dan SMA Muhammadiyah 10 GKB) mengupas strategi jitu bagaimana mem-brainding sekolah dengan cara yang tepat dan mengena.

“Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan value dan performance Humas dan PR 4 sekolah agar bisa berperan aktif dalam kemajuan sekolah,” kata Ulyatun Nikmah, SPd, ketua kegiatan, pada sambutannya. (Ichwan Arif)

 

Exit mobile version