Minoritas, Lazismu dan MDMC Kabupaten Sorong Himpun Ratusan Juta dan 3 Truk Bantuan untuk Sulteng

Minoritas, Lazismu dan MDMC Kabupaten Sorong Himpun Ratusan Juta dan 3 Truk Bantuan untuk Sulteng

SORONG, Suara Muhammadiyah-Musibah gempa, tsunami dan likuifaksi yang menimpa saudara – saudara kita di Sigi, Palu dan Donggala September 2018 lalu menjadi duka seluruh masyarakat Indonesia dan menjadi perhatian dunia. Ribuan korban meninggal, hilang dan mengalami luka – luka serta kehilangan tempat tinggal.

Lazismu dan MDMC Kabupaten Sorong yang berdiri sejak dua tahun lalu, sesuai dengan mottonya ‘memberi untuk negeri’, langsung bersinergi melakukan penggalangan dana bersama seluruh Organisasi Otonom (Ortom), Amal Usaha Muhammadiyah dan organisasi lain, bahkan perorangan guna membantu meringankan beban para korban. Selain penggalangan dana, juga dilakukan penggalangan bahan makanan dan pakaian layak pakai.

Ketua Lazismu Kabupaten Sorong, Nursalim MPd, memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada para ortom, AUM, dan warga masyarakat yang antusias telah menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu para korban. “Juga memberikan kepercayaan kepada kami untuk penyalurannya melalui Lembaga Amil, Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Sorong,” ungkapnya.

Menurutnya, Lazismu dan MDMC berhasil menghimpun sebanyak Rp 143.829.852,- (Seratus Empat Puluh Tiga Juta Delapan Ratus Dua Puluh Sembilan Ribu Delapan Ratus Lima Puluh Dua Rupiah).

Dana tersebut terhimpun dari gerakan atau aksi pengalangan yang dilakukan diantaranya oleh (perorangan, SMK Muhammadiyah Aimas, Hizbul Wathan, SMP dan MA Nurul Yaqin Kab. Sorong, Nasyiatul Aisyiyah, Mahasiswa UNIMUDA Sorong, IMM Kab. Sorong, Kemitraan UNICEF – UNIMUDA, SMK Modellink Kab. Sorong, PRM UNIMUDA Sorong,  SMA Muhammadiyah Kabupaten Sorong, SMP N 1 Kab. Sorong,  Himaprima UNIMUDA (Ikahimatika), SMK Muhammadiyah Salawati, MTs. Muhammadiyah 2 Aimas, SMP Muhammadiyah Aimas, SD Muhammadiyah Aimas, Jamaah Haji Yabsira Kota Sorong, FIRA PAPUA (Pusat Herbal & Oleh2 Khas Papua), IKATAN DOSEN UNIMUDA Sorong, LAZIS UNIMUDA Sorong, Alumni Biologi AK. VII UNIMUDA, LP3M UNIMUDA Sorong, Forum Orang Tua MA Nurul Yaqin, Racana Ahmad Dahlan dan MAPALA UNIMUDA, Akhyar Travel Kota Sorong, PD Aisyiyah Kab. Sorong, TIM PAUD HI, PPG Matematika UNIMUDA, IPM SMP Muh 2 Mariyai, Tapak Suci Kab. Sorong, Majelis Ta’lim SMK NEGERI 3 Kota Sorong, HIMPERSI (PJKR) UNIMUDA Sorong dan TK Aisyiyah Kabupaten Raja Ampat. Dana telah disalurkan ke MDMC dan LAZISMU di Palu, dalam hal ini Posko Utama di Palu yaitu Universitas Muhammadiyah Palu dan SMK Muhammadiyah Palu.

Ketua MDMC sekaligus koordinator aksi Sobirin MPdI juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada para donatur baik dana, maupun pakaian layak pakai, dan bahan makanan. MDMC secara resmi menyurati dan menginstruksikan kepada seluruh Ortom dan terkhusus Amal Usaha Muhammadiyah agar mengumpulkan bahan makanan dan pakaian layak pakai, membuka peluang juga untuk umum. Posko pengumpulan dipusatkan di SMK Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong.

Telah terkumpul dan terdistribusi juga sebanyak 3 truk melalui kapal Labobar yang perjalanannya dikawal langsung oleh pihak sahbandar, militer baik kepolisian dan tentara Sorong.

MDMC dan Lazismu akan memberikan Piagam Kemanusiaan kepada para donatur sebagai ucapan terimakasih atas kepercayaannya. Lazismu akan terus berkomitmen memberdayakan umat, Semoga tidak akan pernah putus terus berlanjut dengan  program-program lainnya.  (Nsl/rbs)

 

Exit mobile version