Peringati Hari Alumni, Fakultas Hukum UMY Gelar Seminar Nasional

Peringati Hari Alumni, Fakultas Hukum UMY Gelar Seminar Nasional

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka memperingati bulan alumni Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammaddiyah Yogyakarta (UMY), FH selenggarakan acara Seminar Nasional dengan tema “Peranan Hukum Dalam Berwirausaha Guna Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Umat” yang diselanggarakan di ruang sidang Gedung KH Ibrahim E6, Kampus Terpadu UMY, Sabtu (17/11).

Acara yang dimulai pada pukul 09.30 WIB ini merupakan bagian dari rangkaian acara bulan alumni yakni acara seminar Nasional dan acara shilaturahmi Alumni FH UMY sekaligus pemilihan pengurus satu tahun kedepan yang diadakan pada pukul 15.00 WIB setelahnya.

Tertulis 200 peserta yang mengikuti seminar  dari berbagai elemen. Peserta diantaranya dari Fakultas Hukum, Alumni FH UMY, dan Lembaga2 Muhammadiyah, seperti dari Suara Muhammadiyah dan Aisyiyah bidang perekonomian.

Ketua Panitia penyelenggara, Akhmad Saifudin, menuturkan tujuan diadakannya acara ini, yakni  bertujuan untuk memperingati bulan November sebagai penetapan bulan alumni. “ Ini adalah agenda perdana sebagai penetapan bulan alumni, maka butuh sebuah moment, maka dibuatlah moment ini dan sarasehan itu”. Ujarnya

Lebih lanjut Akhmad mengatakan alasan mengapa dipilih tema terkait kewirausahaan yaitu sebagai masukan dari para alumni, “sekarang kan Indonesia sudah memasuki pasar bebas, ketika Indonesia memasuki masyarakat ekonomi Asean, diharapkan Hukum ini tidak hanya sebagai kepastian hukum tapi juga bisa berbaur dengan wirausaha artinya temen-temen yang berusaha nanti tau apa aturannya untuk berusaha atau bahkan hukum sendiri itu bisa dijadikan wirausaha, artinya temen-temen bisa ngedraf sebagai legal drafing atau jasa-jasa yang lain, jadi tidak hanya orang ekonomi yang bisa wirausaha tapi orang hukum juga bisa”

Seminar ini di isi oleh tiga pemateri, Dr. Danang Wahyu Muhammad, S.H. M. Hum, Surya Pratolo, Erwin Yuniati S.H. masing-masing menyampaikan materi sesuai bidang kemampuannya. Danang menyampaikan materi dengan tema aspek hukum kewirausahaan, sedangkan Surya Pratolo menyampaikan pengalamannya menumbuhkan atmosfir berwirausaha untuk membangun kemandirian ekonomi umat. Erwin, selaku owner dari Bahana Batik menyampaikan membangun jiwa kewirausahaan dan strategi pengembangan usaha.

Ada beberapa kalimat yang harus digaris bawahi oleh sarjana hukum dari materi yang disampaikan Erwin Yuniati, “Usaha yang saya tekuni sama sekali tidak ada basic ilmu bisnis ataupun orang tua saya yang bergerak di bisnis, karena pegawai negeri sipil, kebetulan saya juga kuliah ngambil di Fakultas Hukum, tapi jangan meremehkan dan jangan pesimis bahwa kita seorang lulusan sarjana hukum, apa yang bisa kita buat sebagai wirausaha, karena justru itu adalah nilai point kita disaat kira melangkah kita tau aturan-aturan hukum itu sendiri”Kata owner Bahana Batik tersebut.

Menurut Ayu, salah satu mahasiswa hukum UMY yang mengikuti seminar, sangat senang mengikuti seminar ini. Ia tertarik karena temanya tentang kemandirian ekonomi, apalagi setelah mendengar materi dari Danang, “jangan pernah berfikir jadi PNS kalau bisa jadi pengusaha, ini kan acara anak hukum. Dalam berwirausaha ada cara dan hukum yang berlaku biar gak disalah gunakan”. Menurut Ayu, cara ini sangat membuka inspirasi terutama untuk anak hukum.

Harapan kedepan, setiap bulan November ada moment atau agenda terlepas itu hanya seminar, maupun baksos ataupun yang lainnya.(Wesar)

Exit mobile version