Baitul Arqam Dasar PDPM untuk Bantul Berkemajuan

Baitul Arqam Dasar PDPM untuk Bantul Berkemajuan

Penutupan Baitul Arqam Dasar PDPM Bantul (Dok Dwi/SM)

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Bantul sukses menggelar Baitul Arqam Dasar bertempat di Hotel Wijaya 2 Kaliurang Yogyakarta, Sabtu – Ahad, 13-14 Juli 2019. Peserta kegiatan tersebut berjumlah 37 kader Pemuda Muhammadiyah, terdiri dari perwakilan semua Pimpinan Cabang Pemuda Muhammdiyah se Kabupaten Bantul. Pada kesempatan ini, Wiranti Prastomo selaku ketua Panitia mengemukakan bahwa mengangkat tema “Membumikan Spirit Fastabiqul khairat untuk Bantul Berkemajuan.”

Dalam sambutan Ketua PDPM Kabupaten Bantul, Yahya Hanafi mengemukakan bahwa acara ini merupakan pengkaderan formal di Pemuda Muhammadiyah. Baitul Arqam Dasar itu sendiri wajib diselenggarakan minimal satu kali dalam masa kepengurusan. “Pemuda Muhammadiyah harus mempunyai  4M yaitu Menggembirakan, Mencerahkan, Menginspirasi, serta Mandiri.” Ujar Yahya Hanafi.

Wiranti Prastomo mengungkapkan, berdasarkan pertimbangan panitia memutuskan untuk memilih lokasi di Kaliurang karena dipandang lebih kondusif untuk pelatihan. Kondusif dari segi keramaian, serta kondusif dari segi pengoptimalan dan keikutsertaan peserta.

Tujuan kegiatan Baitul Arqam Dasar ini, lanjutnya, sebagai pelatihan kader Pemuda Muhammadiyah se-Kabupaten Bantul, dan juga menyiapkan kader-kader, baik untuk kader di tingkat cabang maupun untuk kader di Bantul ke depannya. Selain dari pada itu juga merupakan pengkaderan formal yang wajib dilaksanakan di setiap Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah.

Di sela kegiatan penyampaian materi juga dilaksanakan outbond bersama peserta Kak Nurie. Tampak para peserta antusias dalam mengikuti acara dalam rangka membangun kekompakan antar masing-masing kader Pemuda Muhammadiyah.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri antara lain; Aris Samsugito, S.Ag, Drs M Kompol (Purn) Jamaluddin Ahmad, Ir Ahmad Syauqi Suratno, MM, Dr Ridho Alhamdi, MSi, serta di penghujung acara diisi oleh Muhammad Afnan Hadikusumo. (Dwi/Dnx)

Exit mobile version