MDMC Sleman Kirim Bantuan Air Bersih

MDMC Sleman Kirim Bantuan Air Bersih

Dok MDMC Sleman

GUNUNG KIDUL, Suara Muhammadiyah – Kekeringan yang telah melanda beberapa kawasan yang melanda di DIY telah menjadi sebuah panggilan kemanusiaan serta jalan perjuangan persyarikatan Muhammadiyah untuk berdakwah di bidang kebencanaan.

Oleh karena itu Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah kabupaten Sleman, mengirim bantuan air bersih ke Gunung Kidul, Ahad 21 Juli 2019. Upaya tersebut merupakan tindak lanjut yang diambil setelah berkoordinasi dengan LPB Wilayah.

Sebagaimana disampaikan oleh Ketua LPB PDM Sleman M Fauzan Yakhsya, bantuan MDMC Sleman kali ini merupakan bantuan yang ke dua dengan memberikan 40 tangki untuk warga dan masjid di Serut, Gedangsari, Gunung Kidul.

Secara simbolis penyerahan dilakukan di dusun Wangon, Serut, Gedangsari, Gunung Kidul. Di Dusun Wangon sendiri ada 50 KK dengan jumlah warga 200 jiwa dan 2 Mushala, sedang jumlah penduduk desa Serut sekitar 5.000 jiwa. Sehingga masih perlu tambahan bantuan suplai air bersih.

Sebagian besar bantuan diwujudkan dalam wujud uang, pembelian dan pengadaan air bersih yang selanjutnya akan ditangani oleh tim dusun dan desa.

Setelah dilakukan penyerahan bantuan, dilakukan dengan ramah tamah, diskusi, dan muncul wacana pembuatan sumur bur. Setelah tim dari MDMC melakukan assesment untuk menanggulangi permasalahan kekeringan dalam jangka panjang yaitu potensi sumber air bersih. Dapat diupayakan dengan menggunakan teknologi sumur bur tersebut.

Giat penyerahan bantuan air bersih diakiri dengan sholat istiqo’, sholat meminta hujan yang dilakukan di halaman rumah warga. (Riz)

Exit mobile version