Muhammadiyah-Nahdlatul Wathan Jalin Kerjasama Produktif

Muhammadiyah-Nahdlatul Wathan Jalin Kerjasama Produktif

Ketum PP Muhammadiyah menyerahkan cendera mata pada Ketum PB Nahdlatul Wathan (foto: ppmuh)

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah–Untuk kesekian kalinya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Pengurus Besar Nahdlatul Wathan saling bersilaturahmi. Pada Senin, 5 Agustus 2019, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir kembali menerima kunjungan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan Tuan Guru Bajang Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani bersama rombongan di Gedung PP Muhammadiyah Jalan Cik Ditiro Yogyakarta.

Hubungan dua organisasi keagamaan ini telah berlangsung lama. Pada Maret 2017, misalnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (yang saat itu diketuai TGB Zainul Majdi) menandatangani MoU penguatan kerjasama dalam bidang dakwah, pendidikan, dan kesehatan. Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan di Gedung PP Muhammadiyah Menteng, Jakarta.

Haedar Nashir mengatakan bahwa pertemuan ini merupakan bentuk silaturahim yang mewakili komponen umat yang menyisakan banyak agenda penting. “Melalui silaturahim ini, kami berharap bagaimana ke depan jaringan sesama umat Islam dapat berbuah untuk langkah-langkah konkrit dalam pemberdayaan umat,” tuturnya. Dengan adanya kebersamaan, agenda-agenda besar kebangsaan dan keumatan akan lebih mudah diselesaikan.

Muhammadiyah berharap, silaturahim antar komponen umat Islam terus dirawat dan lebih proaktif menjawab berbagai permasalahan di semua bidang. “Melalui silaturahim ini, kami juga mengkomunikasikan dan menegosiasikan aspirasi umat Islam untuk membangun bangsa dan negara,” ujar Haedar. Relasi produktif pemberdayaan masyarakat ini diharapkan mampu membawa umat dan bangsa meraih kemajuan.

Sementara itu, Ketua PBNW menyatakan bahwa organisasinya banyak belajar pada pengalaman panjang Muhammadiyah. Pihaknya ingin belajar lebih jauh tentang sistem yang dijalankan Muhammadiyah dalam membesarkan dan mengembangkan amal usahanya di seluruh Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan. “Nanti kami akan mengundang secara khusus lembaga di Muhammadiyah yang membidangi pendidikan untuk saling berkolaborasi dan kami akan belajar banyak untuk mengembangkan pendidikan,” ungkap Tuan Guru Bajang Muhammad Zainuddin Atsani. (ribas/ppmuh)

Baca juga:

Rajut Silaturahim Antar Komponen Bangsa, PP Muhammadiyah dan PB Nahdlatul Wathan kembali Bertemu

Silaturahim Haedar Nashir dan TGB Zainul Majdi Bahas Dinamika Kebangsaan dan Keumatan

Muhammadiyah dan Nahdlatul Wathan Sepakati Kerjasama di Berbagai Sektor

Exit mobile version