Nabi Daud AS

Nabi Daud AS

Oleh: Yunahar Ilyas

Nama Nabi Daud ‘alaihi as-salâm disebut dalam Al-Qur’an sebanyak 16 kali, tersebar dalam 9 Surat:  6 Makkiyah  dan 3 Madaniyah. Paling banyak terdapat dalam Surat Shad (5 kali), kemudian Surat Al-Anbiya’, An-Naml dan Saba’ masing-masing 2 kali (6 kali), seterusnya Surat Al-Baqarah, An-Nisa’, Al-Maidah, Al-An’am dan  Al-Isra’ masing-masing 1 kali  (5 kali). Pertama kali disebut dalam Mushaf pada Surat Al-Baqarah ayat 251. Allah SWT berfirman:

فَهَزَمُوهُم بِإِذۡنِ ٱللَّهِ وَقَتَلَ دَاوُۥدُ جَالُوتَ وَءَاتَىٰهُ ٱللَّهُ ٱلۡمُلۡكَ وَٱلۡحِكۡمَةَ وَعَلَّمَهُۥ مِمَّا يَشَآءُۗ وَلَوۡلَا دَفۡعُ ٱللَّهِ ٱلنَّاسَ بَعۡضَهُم بِبَعۡضٖ لَّفَسَدَتِ ٱلۡأَرۡضُ وَلَٰكِنَّ ٱللَّهَ ذُو فَضۡلٍ عَلَى ٱلۡعَٰلَمِينَ ٢٥١  

“Mereka (tentara Thalut) mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah dan (dalam peperangan itu) Daud membunuh Jalut, kemudian Allah memberikan kepadanya (Daud) pemerintahan dan hikmah (sesudah meninggalnya Thalut) dan mengajarkan kepadanya apa yang dikehendaki-Nya. Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebahagian umat manusia dengan sebagian yang lain, pasti rusaklah bumi ini. tetapi Allah mempunyai karunia (yang dicurahkan) atas semesta alam. “ (Q.S. Al-Baqarah 2:251)

Ayat ini menceritakan satu episode dari perjalanan dakwah Nabi Daud, tatkala beliau ikut berperang bersama Bani Israil yang dipimpin oleh Thalut  dan dapat mengalahkan Jalut. Setelah Raja Thalut meninggal, Daud diangkat menggantikannya dan kemudian dipilih oleh Allah SWT menjadi Nabi dan Rasul. Bagian ini akan diuraikan lebih lanjut nanti pada tempatnya.

Terakhir kali nama Daud  disebut dalam Mushaf pada Surat Shad ayat 30. Allah SWT berfirman:

 وَوَهَبۡنَا لِدَاوُۥدَ سُلَيۡمَٰنَۚ نِعۡمَ ٱلۡعَبۡدُ إِنَّهُۥٓ أَوَّابٌ ٣٠

“Dan Kami karuniakan kepada Daud, Sulaiman, dia adalah sebaik- baik hamba. Sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhannya).”(Q.S. Shad 38:30)

Dalam ayat ini disebutkan bahwa Allah SWT menganugerahkan kepada Daud putera terbaik yang amat taat kepada Tuhan yaitu Sulaiman yang nanti juga menjadi Raja sekaligus Nabi seperti bapaknya.

Nasab dan Tempat

Mengutip Injil Matius dan Lukas, Muhammad al-Washfi dalam Târîkh al-Anbiyâ’ wa ar-Rusul wa al-Irtibâth a-Zamani wa al-‘Aqâidi (2001:231) menyebutkan

Daud  adalah putera dari Isai  ibn Obed ibn Boas ibn Salmon ibn Nahson  ibn Aminadab ibn Aram ibn Hasron ibn Farash ibn Yahuda ibn Yakub ibn Ishak ibn Ibrahim.

Penulis coba konfirmasi kepada Al-Kitab  (Lembaga Alkitab Indonesia:2002), dalam Perjanjian Baru halaman 1, Injil Matius 1:1-6 disebutkan (dengan sedikit edit bahasa)  Daud adalah putera dari Isai   ibn Obed ibn  Boas ibn Salmon ibn Nahason  ibn Aminadab ibn Ram ibn Hezron ibn Peres ibn Yehuda ibn Yakub ibn Ishak ibn Abraham.

Sementara itu dalam Perjanjian Baru halaman 72, Injil Lukas 3: 31-34, di disebutkan (dengan sedikit edit bahasa)  Daud adalah putera  Isai  ibn Obed ibn Boas ibn Salmon ibn Nahason  ibn Aminadab ibn Admin ibn Arni, ibn Hezron ibn Peres ibn Yehuda ibn Yakub ibn Ishak ibn Abraham.

Dalam penyajian di atas ada perbedaan antara Injil Matius  dan Lukas. Pada Injil Lukas setelah Aminadab ada Ram baru kemudian Hezron. Tetapi dalam Injil Lukas setelah Aminadab ada Admin dan Arni baru Hezron.

Menurut versi Ibn Katsir dalam al-Bidâyah wa an-Nihâyah (jld 2, hal 9), Daud adalah putera dari  Isyar ibn Uwaid ibn ’Abir ibn Salmun ibn Nakhsun ibn Uwainadzab ibn  Aram ibn Hashrun ibn Farash ibn Yahudza ibn Yakub ibn Ishak ibn Ibrahim.

Perbedaan antara versi Ibn Katsir dengan Al-Kitab sebagian hanya perbedaan pelafalan dan penulisan, seperti Isai dengan Isyar, Obed dengan Uwaid, Salmon dengan Salmun, Nakhsun dengan Nahason, Aminadab dengan Uwainadzab, Arni dengan Aram dan Ram, Hezron dengan Hashrun, Perez dengan Farash, dan Yehuda dengan Yahudza. Tetapi sebagian lain memang berbeda nama seperti Boas dan Admin yang tidak ada pada versi Ibn Katsir.

Kisah Jalut, Thalut dan Daud

Sepeninggal Nabi Musa dan Harun ‘alaihima as-salâm, Bani Israil dipimpin oleh Yusya ibn Nun yang dididik oleh Musa sejak kecil. Yusya’ ibn Nun pula yang dibawa Musa mendampingi beliau waktu mencari Khidhir di pertemuan dua lautan.

Setelah masa pengurungan di Padang Tih selama 40 tahun, akhirnya Bani Israil, dipimpin oleh Yusya’ ibn Nun sampai juga di negeri yang dijanjikan yaitu Negeri Kan’an atau  Palestina. Tidak diceritakan bagaimana perjuangan Yusya’ ibn Nun memimpin  Bani Israil memasuki tanah Palestina. Yang jelas mulailah mereka hidup di negeri yang dijanjikan itu. Sepeninggal Yusya’ ibn Nun silih berganti nabi-nabi datang memimpin mereka. Kalau mereka senang, nabi itu mereka ikuti, kalau tidak,  mereka akan tolak bahkan membunuhnhya. Sampai kemudian muncul nabi Samuel.

Pada zaman Nabi Samuel ini Bani Israil sudah lemah, terdesak oleh penduduk asli Palestina yang waktu itu dipimpin oleh Raja Jalut. Bani Israil sendiri terdiri dari berbagai suku dan masing-masing ada pemimpinnya. Tetapi mereka tidak bersatu, masing-masing pemimpin suku merasa lebih hebat dari pemimpin suku yang lain. Pihak luar lebih mudah mengadu domba mereka. Lama-lama mereka menjadi lemah dan terdesak oleh bangsa Palestina. Pada akhirnya para pemuka Bani Israil menyadari hal itu, mereka berpikir akan lebih baik kalau mereka punya raja yang akan memimpin Bani Israil. Maka datanglah mereka kepada Samuel agar memilihkan untuk mereka seorang raja. Alah SWT berfirman:

 أَلَمۡ تَرَ إِلَى ٱلۡمَلَإِ مِنۢ بَنِيٓ إِسۡرَٰٓءِيلَ مِنۢ بَعۡدِ مُوسَىٰٓ إِذۡ قَالُواْ لِنَبِيّٖ لَّهُمُ ٱبۡعَثۡ لَنَا مَلِكٗا نُّقَٰتِلۡ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِۖ قَالَ هَلۡ عَسَيۡتُمۡ إِن كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلۡقِتَالُ أَلَّا تُقَٰتِلُواْۖ قَالُواْ وَمَا لَنَآ أَلَّا نُقَٰتِلَ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِ وَقَدۡ أُخۡرِجۡنَا مِن دِيَٰرِنَا وَأَبۡنَآئِنَاۖ فَلَمَّا كُتِبَ عَلَيۡهِمُ ٱلۡقِتَالُ تَوَلَّوۡاْ إِلَّا قَلِيلٗا مِّنۡهُمۡۚ وَٱللَّهُ عَلِيمُۢ بِٱلظَّٰلِمِينَ ٢٤٦

Apakah kamu tidak memperhatikan pemuka-pemuka Bani Israil sesudah Nabi Musa, yaitu ketika mereka berkata kepada seorang Nabi mereka: “Angkatlah untuk kami seorang raja supaya kami berperang (di bawah pimpinannya) di jalan Allah”. Nabi mereka menjawab: “Mungkin sekali jika kamu nanti diwajibkan berperang, kamu tidak akan berperang”. Mereka menjawab: “Mengapa kami tidak mau berperang di jalan Allah, padahal sesungguhnya kami telah diusir dari negeri dan anak-anak kami?” Maka tatkala perang itu diwajibkan atas mereka, merekapun berpaling, kecuali beberapa saja di antara mereka. dan Allah Maha mengetahui siapa orang-orang yang zalim. (Q.S. Al-Baqarah 2:246)

Dalam ayat di atas memang tidak disebutkan siapa nama Nabi mereka tersebut. Yang jelas bukan Yusya’ ibn Nun karena jarak antara zaman Yusya’ ibn Nun dengan zaman Nabi Daud jauh sekali, ribuan tahun. Menurut as-Saddy, sebagaimana dikutip Ibn Katsir dalam Tafsirnya (2:419) nabi itu adalah Syama’un. Menurut Mujahid dan juga Muhammad ibn Ishak, dari Wahab ibn Munabbih, nabi itu adalah Samuel.  Samuel dalam bahasa Ibrani artinya Tuhan mendengarkan. Konon kabarnya ibunya selalu berdoa semoga dianugerihi oleh Allah seorang putera. Maka doanya dikabulkan, dia melahirkan seorang anak laki-laki lalu dia beri nama Samuel artinya sami’allahu du’ai (Allah mendengarkan do’aku) (Tafsir Ibn Katsir 2: 460)

Samuel menyangsikan janji mereka untuk bersedia berperang. Keraguan Samuel itu barangkali disebabkan oleh keadaan Bani Israil selama ini yang dikenal tidak patuh, suka membantah perintah pemimpin mereka. Moralitas mereka lemah, tidak disiplin, suka cari-cari alasan, suka berkilah. Nanti pun kalau diberi seorang raja, mereka akan cari-cari kesalahan dan kelemahan raja itu. Jadi percuma saja  jika diberi seorang raja.

Di samping itu  Samuel juga sudah mengetahui sejarah bagaimana dulu di zaman Nabi Musa dan Harun Bani Israil menolak perintah memasuki tanah Palestina karena tidak berani berperang melawan raja yang berkuasa yang mereka nilai kuat.

Menjawab keraguan itu, mereka berusaha meyakinkan Samuel. Mereka berkata: “Mengapa Kami tidak mau berperang di jalan Allah, padahal sesungguhnya kami telah diusir dari negeri dan anak-anak kami?” Maksudnya sebagian negeri mereka telah dirampas musuh, anak-anak mereka ditawan, tentu mereka akan mau berperang untuk membebaskan negeri dan anak-anak mereka. Begitulah tekad mereka, tetapi nanti terbukti apa yang diragukan Samuel itu terjadi, tatkala benar-benar diperintahkan berperang, hanya sedikit di antara mereka yang mau mematuhinya. (bersambung)

Exit mobile version