UAD Launching Logo Milad ke 59

UAD Launching Logo Milad ke 59

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah- Mengawali rentetan perayaan Milad Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar launching logo Milad UAD yang ke 59. Launching logo Milad ini dilakukan di Hall Kampus I UAD pada Kamis (31/10).

Tema yang dipilih dalam Milad UAD ke 59 kali ini menyoroti seputar singgungan teknologi, media dan budaya. Rektor UAD Muchlas MT yang juga seorang yang konsen di bidang media dan teknologi menjelaskan bagaimana pentingnya literasi media bagi masyarakat. Menggarisbawahi Milad UAD yang bertema ‘Media Berkeadaban untuk Mewujudkan Masyarakat yang Berpendidikan’ menurut Muchlas, UAD sebagai institusi pendidikan memiliki tugas dalam menjalankan peran pembangunan di Indonesia termasuk melalui literasi media. Literasi media yang dilakukan hendaknya melihat dan menyesuaikan dengan kondisi sosial yang ada.

“Masyarakat Indonesia memiliki model literasi media yang berakar dari budaya Indonesia.”

Muchlas mengharapkan dengan menerapkan model literasi media yang berbasiskan budaya Indonesia, mampu berperan sebagai filter berbagai penetrasi negatif di dalam masyarakat. Muchlas juga menautkan peran tersebut dengan keberadaan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

“Dalam mewujudkan masyarakat yang berkemajuan, diharapkan ketiganya saling bersinergi dengan baik,” tukasnya.

Terkait pelaksanaan Milad 59, Muchlas mengharapkan rentetan kegiatan yang dirancang mampu menjadi sarana dalam merekatkan keakraban dan silaturahmi antar civitas akademika UAD. Kegiatan-kegiatan yang ada hendaknya bersifat menyenangkan dan informal. Sedangkan rentetan Milad 59 UAD akan berlangsung hingga Januari 2020 dan ditutup dengan Family Gathering.

“Keakraban hanya bisa dibangun dengan komunikasi yang informal. Jangan sampai kali ini hanya memindahkan ruang rapat ke acara Milad,” kata Muchlas.

Menyinggung logo Milad UAD 59 yang kali ini disponsori oleh Fakultas Bahasa dan Sastra serta Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, memiliki makna, pertama, biru dan oranye pada tulisan ‘Milad UAD’ melambangkan keilmuan serta keagungan dan dinamika. Sedangkan angka ‘59’ yang menyatu tanpa terputus melambangkan adanya sinergitas antar pimpinan universitas dan civitas akademika UAD dalam mewujudkan Media Berkeadaban dan Masyarakat yang Berpendidikan. Warna oranye sebagai lambang institusi UAD, dan gradasi ungu dan biru sebagai lambang civitas akademika UAD. (Th)

 

Exit mobile version